Beras Merah-Putih Bergizi Tinggi

 

Makanan sehat beras merah dan putih ini, warnanya seperti bendera kita. Ada apa dengan warna? Bergizikah bagi balita Anda? Sangat bergizi!

Beras merah yang memang berwarna merah, berasal dari beras tumbuk sehingga kulit arinya utuh. Nah, kulit ari ini kaya serat dan lemak esensial. Tak heran jika beras merah lebih sehat dari beras putih; seratnya 3 kali lebih banyak, vitamin dan mineral 2-3 kali lipat (di antaranya, tiamin atau vitamin B), zat besinya juga tinggi. Unsur gizi lainnya, fosfor dan selenium. Manfaat makan beras merah meningkatkan perkembangan otak, menurunkan kolesterol darah, menjaga kesehatan jantung, mencegah gangguan pencernaan, penyakit beri-beri, kanker dan penyakit degeneratif lain, juga menjamin kecukupan zat besi bayi di atas 6 bulan - yang tidak cukup lagi jika hanya dari ASI. Yuk, sajikan untuk anak dalam bentuk bubur, tim, atau nasi biasa.

Beras Putih, warnanya putih karena kehilangan kulit ari saat digiling (huller) dan disosoh (polisher). Makanan pokok 90% orang Indonesia ini daya serapnya cepat sehingga instan pula energinya. Selain sumber energi dan protein, beras juga mengandung mineral dan vitamin. Pada beras terdapat zat amilosa dan amilopektin (keduanya molekul pati), dimana kadar keduanya menentukan tekstur beras. Jika kadar amilosa tinggi, beras menjadi keras dan nasi yang dihasilkan pera. Sebaliknya jika kadar amilopektin tinggi, beras lengket dan nasi yang dihasilkan pulen. Batita biasanya lebih doyan nasi pulen karena mudah dikunyah dan dicerna.


Untuk resep makanan dengan Beras Merah. bisa dilihat di:
Pure Tempe Beras Merah
Puding Beras Merah

 



Artikel Rekomendasi

post4

Jangan Terlambat!

Setiap rentang usia akan selalu ada perubahan pertumbuhan balita. Segera atasi saat mengetahui keterlambatan pertumbuhannya.... read more