Gizi Dalam Es Krim

 

Anda termasuk orangtua yang khawatir, es krim bisa menyebabkan anak batuk pilek. 
Menurut riset G.J. Connett dan B.W. Lee yang dipubliksikan di “British Medical Journal”, penyakit infeksi saluran pernapasan atas pada anak-anak, seperti hidung tersumbat, pilek, dan radang tenggorokan akan muncul bila daya tahan saluran pernapasan terhadap udara dingin atau rendah menurun. Dengan kata lain, gangguan itu akan timbul jika balita menikmati es krim dalam kondisi badan tidak sehat dan dalam jumlah berlebihan.

Es krim umumnya dibuat dari krim. Namun kini. Digunakan pula  bahan baku seperti mentega, susu kental, susu bubuk, susu kental manis, dan susu evaporated. Kandungan gizinya cukup tinggi. Pada tahun 2003, ada sejenis es krim yang dikenal dengan es krim Modisco alias Modified Dread Skimmed Milk and Coconut yang dikembangkan oleh sekelompok peneliti dari Makasar, Sulawesi Selatan, yaitu Siti Nur R., SKM, Zakaria, Hendriyati, DCN, dan Lydia Fanny, DCN. Tujuan awalnya adalah menjadikan camilan bagi anak-anak balita yang kekurangan gizi. Menurut para penciptanya, Modisco dapat membantu memenuhi kebutuhan energi anak balita sekitar 12,5–17,6% dan kebutuhan 
protein sekitar 27,4–30%.

Kandungan gizi yang terdapat dalam es krim memang baik untuk anak. beberapa zat gizi yang terkandung dalam es krim antara lain kalori, lemak, protein dan karbohidrat.
Selain itu,  es krim juga mengandung beberapa jenis vitamin, antara lain vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B12, dan niasin. Es krim juga mengandung mineral kalsium yang dibutuhkan balita untuk membantu pembentukan dan perkembangan tulang dan gigi, serta membantu mengatur dan memelihara kerja saraf dan otot.

Satu porsi es krim kurang lebih mengandung 7-22 gram lemak. Namun kandungan lemak pada satu jenis es krim dengan jenis yang lain bisa saja berbeda tergantung pada lemak susu yang terkandung di dalamnya. Sayangnya, lemak yang biasanya ada dalam es krim merupakan jenis lemak jenuh yang bisa meningkatkan kolesterol darah dan berkontribusi menjadi faktor risiko obesitas pada anak. Itulah sebabnya, Anda perlu membatasi konsumsi es krim pada anak terutama bila ia sudah mengalami obesitas. 

Kalori yang ada dalam es krim bervariasi,  tergantung pada rasa dan merknya. Umumnya, satu porsi es krim mengandung 120-250 kalori. Penting untuk diingat,  1 porsi es krim hanya ½ cangkir es krim. Kebanyakan orang makan setidaknya dua kali jumlah ini pada satu waktu. Satu liter es krim bisa saja berisi empat porsi. Anak sebaiknya hanya makan es krim seminggu sekali. Pilihlah es krim yang bersih dan tidak sembarangan. Bagaimanapun bila es krim yang Anda beli tidak dalam kondisi bersih bisa membahayakan kondisi kesehatan si kecil. 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Batuk Rejan

Meski sudah ada vaksinnya, mengapa pertussis masih ada? Hati-hati, batuk ini bisa membunuh bayi.... read more