Leher Hitam pada Anak, Tanda Obesitas dan Diabetes Usia Muda

 

Foto ilustrasi (Freepik)

Kondisi kulit leher anak yang terlihat hitam atau gelap, mungkin ada yang mengira bahwa itu karena daki dan kebersihan yang kurang dijaga. Namun, ternyata tidak selalu demikian. 
 

Guratan hitam pada leher anak, bisa jadi karena kondisi yang dinamakan Acanthosis nigricans, yaitu gelapnya warna kulit karena kadar insulin tinggi. Biasanya ditemukan pada anak-anak dengan kelebihan berat badan atau obesitas.
 

Anak yang mengalami acanthosis nigricans, selain leher tampak hitam, kulit di sekitarnya juga lebih tebal. Meski sudah dibersihkan, bahkan disikat dengan sabun, permukaan kulit yang hitam itu tidak akan berubah.
 

Menurut situs Kidshealth.org, Acanthosis nigricans bukanlah infeksi, tidak menular, dan tidak berbahaya. Namun, beberapa anak mungkin mengalami gatal-gatal ringan.
 

Menurut dokter spesialis olahraga, dr. Michael Triangto, Sp.KO, acanthosis nigricans bisa menjadi tanda peringatan bahwa anak berisiko mengalami diabetes di usia dini.
 

"Tolong dilihat leher anaknya, berwarna hitam atau tidak. Kalau berwarna hitam, tidak hanya obesitas namun juga anak tersebut berpotensi diabetes di usia muda," kata dr. Michael di acara Instagram Live Kata Pakar Ayahbunda, Jumat 11 September 2020.
 

"Biasanya kalau lehernya hitam, dikira anaknya jorok, mandi tidak bersih. Ada pasien saya yang sampai kesal leher anaknya hitam kemudian disikat pakai deterjen, tetapi masih hitam. Itu karena kadar insulin yang tinggi," tambahnya.


Situs Kidshealth juga menyebutkan, tak hanya diabetes, acanthosis nigricans juga dapat menjadi pertanda kanker tertentu dan masalah endokrin, serta gangguan kesehatan lain yang terkait dengan obesitas.


Tak hanya leher. Biasanya area tubuh lain juga bisa menghitam karena acanthosis nigricans, yaitu ketiak dan selangkangan. Terkadang juga ditemukan di bibir, telapak tangan, buku-buku jari, telapak kaki, dan area lainnya.


dr. Michael menyarankan jika anak mengalami leher hitam karena acanthosis nigricans  harus segera ditangani dengan menerapkan pola makan sehat dan olahraga. Tujuannya bukan hanya agar anak turun berat badan, tetapi juga terhindar dari risiko diabetes di usia muda.


Namun akan lebih baik mencegah daripada mengobati. Agar anak-anak tidak mengalami acanthosis nigricans, sebaiknya sudah diajarkan pola hidup sehat sejak dini. Biasakan makan makanan yang sehat dan seimbang serta olahraga setiap hari.


Jangan tunggu anak sampai tumbuh remaja baru menerapkan pola hidup sehat. Justru sejak usia dini, kebiasaan baik mudah dibentuk.
 

ALI

 



Artikel Rekomendasi