Tidur Tepat Waktu Ada Kiatnya

 

freepik

Seperti yang kita ketahui, durasi total tidur bayi dan balita tentu berbeda dengan orang dewasa. Sejak lahir sampai usia satu bulan, bayi harus tidur selama 15-16 jam dalam satu hari. Menginjak satu bulan hingga satu tahun, mereka butuh 14-15 jam untuk tidur dalam sehari. Setelah itu, sampai usia tiga tahun, mereka hanya butuh 12-14 jam per hari. Di atas tiga tahun, waktu tidur yang mereka butuhkan berkurang, yakni hanya 10-12 jam per hari.
 
Prof. Dr. dr. Rini Sekartini, Sp.A(k), Spesialis Anak dan Konsultan Tumbuh Kembang Anak menyebut pentingnya mengawal jadwal tidur agar mendapat manfaat yang optimal berupa hormon pertumbuhan, imunitas, dan juga pemulihan fisik anak setelah beraktivitas seharian. “Begitu telat tidur, maka aktifitas lainnya akan ikut molor. Berikutnya tidur malamnya akan telat lagi,” ujarnya. Padahal, sesuai dengan pernyataan Rini, anak-anak harus sudah tidur lelap di malam hari karena hormon pertumbuhan keluar pada pukul 23.00. “Jangan sampai kelewat,” tuturnya.
 
Oleh karenanya, Rini menyarankan beberapa cara untuk menjaga agar anak-anak tidur tepat waktu:
 
- Kurangi Aktivitas
Rini mengatakan, “begitu maghrib, sebaiknya dikurangi aktivitas anak.” Hindari memberikan aktivitas fisik. Ini membantu mengondisikan anak untuk lebih “melambat” dan tenang.
 
- Hindari Screen Time
Sebaiknya hindari memberikan anak waktu menatap layar saat akan tidur. “Kalau anak nonton (layar) maka matanya akan terus aktif dan mereka jadi sulit terpejam,” ujar Rini. Hal ini terutama berlaku untuk tayangan yang mengandung unsur yang menakutkan untuk anak atau adegan peperangan.
 
- Berhenti 1 Jam Sebelum Waktu Tidur

Anak harus sudah selesai makan, dan minum susu satu jam sebelum waktu tidur,” ujar Rini. Tak hanya itu, seluruh aktivitas anak sebaiknya harus sudah diselesaikan satu jam sebelum waktu tidur.

 
- Rutinitas Tidur
Buat rutinitas sebagai penunjuk bahwa anak harus segera tidur, misalnya cuci tangan dan kaki serta gosok gigi dan baca buku cerita, atau dinyanyikan lagu pengantar tidur.
 
 
- Tata Ruang Kamar Tidur
“Matikan lampunya atau redupkan. Karena kalau ruangan terang, akan susah untuk jatuh tidur,” saran Rini. Di samping itu, pastikan juga suhu ruangan nyaman untuk tidur, yakni tidak terlalu panas atau tidak terlalu dingin.
 
- Berikan Pijatan
Memberi pijatan pada anak dapat membantu mereka tidur lebih lelap dan cepat. “Kita bisa beri intervensi berupa pijatan untuk membantu mereka. Terutama pada anak-anak yang jatuh tidurnya lebih lama,” pungkas Rini.
 
- Ajarkan Sejak Bayi
Rutinitas tidur ini menurut Rini harus diperkenalkan sejak bayi. “Sejak usia tiga bulan sudah bisa diajarkan,” tuturnya. Hal ini bermanfaat agar anak-anak terbiasa tidur tepat waktu. Ini bisa dimulai dengan memperkenalkan mereka tentang siang dan malam. “Kalau siang, tidur jangan pakai lampu, tapi pakai sinar matahari, kenalkan bahwa ini siang. Kalau malam, matikan lampu, agar mereka tahu bahwa saat redup adalah waktunya tidur malam,” terangnya.
 
Lela Latifa
                                             
 

 

 



Artikel Rekomendasi