5 Cara Menghindari Emosi pada Anak

 

Dokumentasi Ayahbunda

Jangan terlalu cepat mengambil tindakan untuk memarahi apalagi membentak balita. Coba cara ini untuk menahan emosi Anda:

1. Mencari tahu lebih dulu apa yang menyebabkan anak berperilaku yang bisa membuat Anda emosi. Salah satu alasan anak berbuat begitu adalah bahwa ia belum tahu bagaimana mengungkapkan perasaannya dengan cara lain. Anda bisa bertanya, kenapa ia melakukan itu.

2. Membangun bonding yang kuat dengan anak. Balita yang memiliki ikatan kuat dengan orangtuanya lebih mudah menerima disiplin yang diberikan ayah dan ibunya.
 
3. Alih-alih mengomeli anak, ingat betapa Anda juga sering memberikan pujian kepada anak. Balita senang mendapat perhatian dari orangtuanya. “Berikan pujian setiap kali ia berperilaku baik. Tapi jangan bereaksi berlebihan saat ia berbuat nakal karena ia akan mengulanginya lagi hanya untuk mendapat perhatian Anda,” jelas Nicholas Long, Ph.D.

4. Mengajak anak bicara mengenai konsekuensi dari perilaku mereka. Gunakan suara lembut namun tegas. Anak akan lebih mendengarkan. Balita lebih cepat mengerti, Anda pun tidak perlu mengeluarkan banyak energi.

5. Memastikan anak mendapat asupan gizi dan istirahat yang cukup, karena biasanya rasa lapar dan lelah merupakan penyebab dasar anak berperilaku tidak menyenangkan.

(SAN/ERN)

Baca Juga
4 AKIBAT JIKA ANAK SERING DIBENTAK
4 CARA TERBAIK MENEGUR ANAK

 



Artikel Rekomendasi

post4

Arti Gagal Bagi Balita

Anak umur 2 tahun harus mulai belajar menerima kegagalan. Dengan begitu ia belajar mengendalikan emosi dan menoleransi frustasi. ... read more