Kapan Balita Siap Nonton Bioskop?

 

Balita merengek ingin nonton film kartun di bioskop, tapi Ayah/Bunda khawatir balita tidak akan betah duduk lama dan menonton film di bioskop. Apalagi, keadaan gelap di dalam bioskop seringkali membuat anak takut. Kapan sih sebenarnya anak siap nonton di bioskop?

Banyak pilihan film yang beredar di pasaran bioskop saat ini, baik itu film dewasa ataupun film anak-anak. Jika Anda ingin mengajak balita Anda nonton bioskop, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:
  • Balita 4 tahun. Usia 4 tahun adalah usia tepat dimana balita Anda mulai bisa menikmati menonton film di bioskop. Di sekitar umur ini, anak-anak sudah dapat mengikuti garis besar cerita secara lengkap dan memiliki kesabaran untuk duduk tenang lebih dari 1 jam.
  • Film anak-anak. Pastikan dulu film yang ingin ditonton memang merupakan film anak-anak dan sesuai dengan usia balita Anda. Lihat review film di internet, apakah plot dan gambar-gambarnya sesuai dengan usia balita Anda. Banyak film anak-anak, tapi belum tentu film tersebut sesuai dengan usia balita Anda. Film dewasa atau anak besar, memiliki plot cerita yang lebih rumit, yang akan membingungkan balita Anda, dan akhirnya balita pun bosan.
  • Lihat kebiasaan anak di rumah. Usia yang tepat memang 4 tahun, namun setiap anak bisa berbeda. Perhatikan kebiasaan anak di rumah ketika menonton televisi. Jika ia dapat fokus menonton tayangan anak-anak di televisi sampai habis, kemungkinan ia bisa nonton di bioskop, berapapun usianya. Namun jika perhatian anak masih mudah teralihkan dari tayangan yang ia tonton, pindah ke aktivitas lainnya di tengah-tengah tayangan, atau menonton sambil bermain dengan mainannya, mungkin Anda harus menunggu mengajak anak nonton di bioskop.

Memang tidak mudah menentukan film apa yang tepat untuk balita Anda. Anda bisa melihat review film di internet, atau bertanya dengan orang tua lainnya. Jika memang film itu belum tepat atau balita Anda masih belum bisa duduk tenang dan fokus pada film, jangan paksakan. Tunggu sampai balita siap.



 

Artikel Rekomendasi