10 Cara Seru Rayakan Kemerdekaan Indonesia

 

123RF

Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 sudah tiba! Ayo, rayakan bersama keluarga dengan melakukan berbagai kegiatan seru berikut ini.
 
#1 Membuat Dekorasi Merah Putih di Rumah
Anda bisa mengajak si kecil mempercantik bagian interior maupun eksterior rumah dengan berbagai hiasan merah putih.

Cara paling mudah adalah membuat bendera Merah Putih dari kertas minyak, atau mencat gelas plastik dengan warna merah dan putih. Manfaatkan juga lampu hias warna merah dan putih untuk mendekorasi pohon-pohon di taman.

Ketika malam tiba, suasana di sekitar rumah pun jadi lebih meriah dan gemerlap.
 
#2 Menghias Gapura Kompleks
Gapura kompleks yang bagus tentu membanggakan warga perumahan. Ajak anak-anak turut berpartisipasi menghias gapura, agar tumbuh pula rasa memiliki dan kebanggaan. Siapa tahu, hiasan 17-an pada gapura perumahan Anda diganjar hadiah oleh sejumlah penyelenggara lomba gapura hias yang marak setiap 17 Agustus-an.
 
#3 Mengikuti Karnaval
Karnaval keliling kampung atau kompleks perumahan adalah salah satu acara yang banyak ditunggu anak-anak ketika 17-an. Dan tak jarang, karnaval tersebut diperlombakan untuk memilih hiasan yang terbaik.

Maka, persiapan yang baik dan kreativitas adalah dua hal yang harus Anda lakukan agar acara karnaval si kecil menjadi lebih seru. Hiasi sepeda si kecil dengan dekorasi berbentuk pesawat, kapal laut, tank, roket, dan sebagainya.
 
#4 Menggelar Upacara Bendera di Rumah
Biasanya, setiap rumah di Indonesia diimbau mengibarkan bendera Merah Putih seminggu sebelum dan sesudah tanggal 17 Agustus. Agar lebih berkesan, buatlah upacara bendera kecil-kecilan yang diikuti seluruh anggota keluarga.

Jangan lupa menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, yang dijamin bisa membangkitkan kecintaan si kecil kepada nusa dan bangsa.
 
#5 Mengunjungi Museum
‘Jas Merah’, alias jangan sekali-kali melupakan sejarah, adalah ungkapan yang pernah diucapkan Presiden Indonesia pertama, Ir. Soekarno. Dan di mana lagi tempat paling tepat untuk melihat bukti sejarah, kalau tidak ke museum?

Beragam museum tersebar di Indonesia, dan masing-masing punya ciri khas. Misalnya, Anda dan keluarga yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, dapat menyaksikan koleksi peralatan militer di Museum Satria Mandala, atau melihat berbagai benda prasejarah di Museum Gajah.

Baca juga:
Museum Malang Tempo Doeloe
 
#6 Menziarahi Taman Makam Pahlawan
Negara Kesatuan Republik Indonesia berdiri berkat perjuangan para pahlawan bangsa. Mereka rela menyerahkan jiwa dan raga demi meraih kemerdekaan, dan mempertahankannya. Mengajak si kecil berziarah ke taman makam pahlawan dan mendoakan para pahlawan bangsa adalah salah satu cara merayakan kemerdekaan republik tercinta ini.
 
#7 Menjelajahi Tempat Ibadah
Beragam suku bangsa dan agama ada di Indonesia. Walau demikian, Indonesia adalah Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda, tetapi tetap satu jua. Itu sebabnya, penting memperkenalkan keberagaman kepada si kecil semenjak dini.

Mengunjungi tempat ibadah penganut agama lain adalah salah satu cara mengajari ia indahnya perbedaan. Jangan lupa juga mengajarkan dan memberi contoh kesopanan selama berada di tempat ibadah.
 
#8 Menonton Upacara Bendera di Istana Negara
Upacara pengibaran bendera atau penurunan bendera di Istana Negara merupakan salah satu tradisi dalam merayakan kemerdekaan Indonesia. Para tamu undangan akan memperoleh tempat duduk di dalam halaman istana. Namun, bila tak memiliki undangan, Anda dan keluarga bisa duduk di bangku yang disediakan di luar halaman.

Syaratnya, datang sebelum pukul 07.00 WIB dengan mengenakan pakaian rapi - batik atau jas - dan sepatu. Sebaiknya tidak usah membawa tas, untuk kemudahan pemeriksaan keamanan oleh petugas. Upacara pengibaran bendera dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB.
 
#9 Silaturahmi ke Presiden
Walau tidak ada open house seperti ketika Hari Raya Idul Fitri, tahun lalu Presiden Joko Widodo menyempatkan menyapa para warga yang hadir di sekitar Istana Negara untuk menonton Upacara Pengibaran Bendera. Beliau sudah bertegur sapa sejenak dengan warga sekitar pukul 07.00 WIB.

Siapkan kamera Anda, bila ingin berfoto. Pihak protokoler kepresidenan sudah sangat mengenal kebiasaan Presien Joko Widodo mengenai foto bersama warga, jadi tinggal serahkan kamera kepada mereka. Ingat, ketika berfoto, kedua tangan Anda harus berada di sisi kiri dan kanan tubuh. Petugas akan otomatis memosisikan hal tersebut, begitu Anda berada di samping Presiden untuk berfoto.
 
#10 Berbagi dengan Sesama
Jadikan momen perayaan kemerdekaan Indonesia sebagai ajang berbagi dengan sesama yang kurang beruntung. Misalnya, dengan menyiapkan nasi bungkus dan bingkisan sembako untuk dibagikan. Atau, ajak si kecil berkunjung ke panti asuhan untuk bermain dengan teman-teman seusianya yang yatim dan piatu. Bawakan mainan dan kebutuhan pokok bagi mereka. Oh, ya, jangan lupa selipkan bendera Merah Putih agar terasa perayaan 17 Agustus-an.

Baca juga:
Tanamkan Sportivitas pada Anak

 

Artikel Rekomendasi