Ajak Balita Naik Kendaraan Umum

 



Anak sekolah di Jepang sudah terbiasa menggunakan transportasi publik atau berjalan kaki dari rumah menuju sekolahnya. Bukan semata mengurangi kemacetan dan polusi udara, tapi transportasi umum bisa menjadi media pembelajaran bagi anak. Mereka dituntut untuk bisa memecahkan masalah, mencari solusi, dan melatih sikap disiplin.

Yuk, belajar dari Negara tetangga. Ajarkan anak mengenal transportasi umum, karena  memiliki banyak manfaat: Anak belajar mengenal transportasi umum melalui bentuk aslinya, belajar mengantri, bersabar, menghormati orang lain, serta berbagi kursi. Dengan mengajarkan anak naik transportasi umum, Anda mengenalkan dunia baru di luar dunianya sehari-hari.

TRANSJAKARTA
Kendaraan umum ini pertama kali beroperasi tahun 2004 di Jakarta. Orang Jakarta sering kali menyebutnya “busway”. Padahal, busway merupakan jalur lintasan Transjakarta. Transjakarta merupakan sistem transportasi berbasis Buss Rapid Transit (BRT) dengan lintasan rute terpanjang di dunia yaitu 208 km. Dirancang untuk mengakomodir kebutuhan moda transportasi massal bagi warga Jakarta dan sekitarnya.

Tip untuk orang tua
Bagi yang pertama kali naik Transjakarta, Anda dapat membeli e-ticket di bank penyedia kartu prabayar serta loket halte. Satu kartu bisa dipakai hingga 10 orang asalkan saldo cukup. Pengisian saldo bisa dilakukan di loket halte Transjakarta.

Agar kegiatan naik Transjakarta bersama anak terasa menyenangkan, ajak anak untuk melakukan tap in kartu di pintu masuk barrier halte. Hindari jam padat pada hari kerja.

COMMUTER LINE
Inilah transportasi umum di Jakarta yang sanggup menampung hingga ratusan penumpang dalam satu kali perjalanan. Bahkan, di tahun 2017 pernah mencapai 1 juta penumpang dalam sehari. Commuter Line (CL) menjadi pilihan warga Jabodetabek sebagai transportasi menuju tempat kerja, kuliah maupun sekolah. Di akhir pekan, penumpang CL kebanyakan membawa anak-anak yang ingin rekreasi ke tempat wisata di Jakarta dan sekitarnya.

 
Tip untuk orang tua
Untuk naik CL, Anda harus membeli tiket di loket stasiun. Satu tiket hanya berlaku untuk satu orang. Untuk Tiket Harian Berjamin, hanya dapat dilakukan untuk satu kali perjalanan.Yang lebih praktis, Anda membeli Kartu Multi Trip yang dapat diisi saldo dan bisa dipakai berkali-kali. Gunakan CL saat Anda ingin mengunjungi tempat wisata di Jakarta seperti Monas, Kota Tua, Perpustakaan Nasional, dan lain-lain. Sebaiknya hindari naik CL pada jam padat.   

BAJAJ
Inilah maskotnya kota Jakarta sekaligus menjadi transportasi legendaris yang masih ada hingga sekarang. Di masa kejayaannya tahun 90-an, bajaj berwarna orange dan bahan bakarnya bensin. Asapnya mengepul  saat mesin menyala. Kandungan karbonmonoksida pada asap bajaj berbahaya bagi kesehatan. Kini, bajaj tampil dengan warna biru muda dan lebih bersahabat dengan penumpang. Suara mesinnya tidak berisik, bahan bakarnya pun menggunakan gas. Anda masih bisa menemukan bajaj di tempat-tempat tertentu di Jakarta. Kapasitas penumpang maksimal 3 orang.

Tip untuk orang tua
Ajak anak mencoba naik bajaj untuk jarak pendek, misalnya di sekitar tempat wisata. Saat membayar ongkos, biarkan anak yang membayar. Jangan lupa ucapkan terima kasih.

BECAK
Merupakan alat transportasi roda tiga yang dikayuh secara manual. Dulu begitu mudah menemukan becak di jalan-jalan Ibukota. Kini, Anda hanya bisa menjumpai becak di tempat-tempat tertentu.

Tip untuk orang tua
Ada sensasi 'seru' saat naik becak, yaitu penumpang tidak merasa kegerahan karena angin yang berhembus dari segala sisi. Sayangnya, naik becak rentan terkena polusi dari kendaraan bermotor. Jadi, sebaiknya naik becak di tempat wisata yang minim lalu lintas padat kendaraan.

CITY TOUR BUS
Puluhan tahun yang lalu, bus tingkat pernah beredar di Jakarta sebagai angkutan umum.  Kemudian, bus tingkat PPD menghilang dari peredaran karena sudah tidak layak beroperasi. Sejak tahun 2014, bus tingkat berubah fungsi menjadi bus wisata yang dinamakan Mpok Siti. Anda bisa keliling Jakarta menggunakan bus tingkat. Asyiknya lagi, gratis.

Berbeda dengan bus tingkat pada zaman dulu, versi Mpok Siti kondisi busnya lebih bagus. Sebagian merupakan sumbangan dari perusahaan swasta yang dapat dilihat dari warna serta logo yang tertera pada badan bus.

Tip untuk orang tua
Untuk naik City Tour Bus, Anda bisa naik dari halte yang bergambar bus tingkat yaitu Monas, Balaikota, Sarinah, Bundaran Hotel Indonesia, Museum Nasional, Pasar Baru, Masjid Istiqlal, Pecenongan. Agar si kecil puas menikmati pemandangan sepanjang perjalanan, sebaiknya duduk di kursi paling depan lantai 2.

Maria Soraya Az Zahra

Foto: Dok. Wikipedia.org

 

Artikel Rekomendasi