Trik Atasi Balita Tidak Mau Makan

 

 


Balita satu– dua tahun Anda susah makan? Ia selalu menolak ketika disodori makanan apapun. Ini trik-triknya agar ia mau makan lagi.
 
Di usia satu dan dua tahun, balita biasanya lebih susah makan. Ia menolak semua makanan yang disodorkan bundanya. Jangan menyalahkan siapapun dalam kasus ini. Balita melakukan gerakan tutup mulut, itu bukan salahnya, juga bukan salah Anda.

 
Balita memang sedang dalam masa perkembangan mengeksplorasi lingkungan. Banyak hal menarik di sekitarnya, bermain sering lebih menarik ketimbang makan. Tapi, Anda mungkin bisa sedikit mencuri perhatiannya agar ia menoleh ke makanannya. Berikut tip untuk balita penolak makan:

- Jadi contoh yang baik. Makanlah bersama balita Anda, karena siapa tahu balita bungkam karena melihat Anda tidak pernah makan, dan ia meniru pola makan Anda yang sedang diet.

- Pastikan bentuk penyajian makanan yang Anda berikan terlihat menarik menurutnya. Bisa saja bentuknya membuat ia ingin melahapnya.

- Ajak ia saat proses pembuatan makanan dan biarkan dia membantu Anda sebisanya. Misalnya mengambil lauknya sendiri.

- Berikan makanan sesuai usianya. Mungkin Anda lupa, anak Anda bukan bayi lagi, tapi masih memberinya bubur. 

- Sediakan makanan dalam jumlah kecil agar Anda tidak frustrasi bila balita tak mau menghabiskannya.

- Berikan alternatif makanan lain sebagai pengganti makanan yang tidak ia sukai. Misalnya ia tak mau nasi, berikan mi atau roti. Bila ia hanya mau makan lauknya saja, sediakan di tempat yang mudah dijangkau, agar ia bisa mengambilnya sewaktu-waktu ia ingin makan. 

Bersabarlah dalam menghadapi anak yang tidak mau makan. Setelah Anda tahu penyebabnya, tentu akan lebih mudah memberinya makan, walaupun hanya itu yang ia mau. Kreativitas bunda juga diperlukan dalam menangani anak yang sulit makan.

 


Topic

#AnakSusahMakan

Artikel Rekomendasi