Apa Itu Kernicterus?

 

Kernicterus adalah suatu bentuk kerusakan otak yang disebabkan oleh penyakit kuning pada bayi yang baru lahir. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pada fungsi cerebral palsy dan pendengaran, serta bisa mengakibatkan kesulitan belajar.

Sakit kuning disebabkan oleh bilirubin, pigmen berwarna kuning yang dibuat oleh hati memasuki aliran darah. Ini dapat mengubah kulit dan mata berwarna kuning. Penyakit kuning memang umum terjadi pada bayi yang baru lahir, dan biasanya akan hilang dengan sendirinya. Namun, jika bayi memiliki jumlah bilirubin yang berlebihan dan tidak mendapatkan perawatan, bilirubin bisa sampai ke otak, sehingga menyebabkan kernicterus.

Gejala kernicterus diantaranya, warna kulit yang sangat kuning, ngantuk yang berlebihan sehingga bayi sulit dibangunkan, rewel dan sering menangis keras serta tubuh sangat lemah. Kernicterus dapat diatasi dengan fototerapi, dengan meletakkan bayi di bawah sinar atau lampu biru. Atau jika kondisi sudah sangat ekstrim, dokter akan melakukan pertukaran tranfusi untuk mengeluarkan bilirubin dari darah.


 



Artikel Rekomendasi

post4

Pusar Bayi Bodong

Disebut pusar bodong karena bentuk pusar (umbilical ring) yang seharusnya rata dengan perut, malah menonjol. Sebagian besar menutup spontan sebelum usia 1 tahun. Namun ada juga yang baru menutup sebel... read more