Bagaimana Bawang Merah Turunkan Demam Anak, Begini Kata Dokter

 



Pernahkah Bunda mengobati demam anak dengan menggunakan bawang merah? Bawang merah  dicampur minyak,  menjadi ramuan oles diyakini ampuh sebagai obat demam anak. 

Metode ini bisa dibilang sudah diterapkan secara turun-menurun di Indonesia. Bahkan mungkin Bunda memeroleh cara tersebut dari orang tua Bunda, dan mereka pun mewarisinya dari nenek atau buyut.

Cara mengaplikasikannya pun cukup mudah. Bawang merah diparut kemudian dicampur dengan minyak telon, kemudian dioleskan di bagian tertentu tubuh anak yang sedang demam. Misalnya, di ubun-ubun, atau di dekat pusar. Biasanya, cara ini diterapkan oleh para orang tua ketika kondisi sedang tidak memungkinkan untuk segera membawa anak ke dokter, misalnya karena waktu sudah tengah malam. Atau sebagai pertolongan pertama saat suhu badan anak naik. 

Lantas, apakah cara alami menggunakan bawang merah sebagai obat demam tersebut aman dari sudut pandang medis? 

Menurut dokter spesialis anak dan pakar tumbuh kembang, Prof. Dr. dr. Rini Sekartini, Sp.A(K)., menangani anak demam dengan ramuan bawang merah tidak bertentangan dengan kesehatan modern. Sifat bawang merah yang 'panas' ternyata mampu  membantu menurunkan suhu tubuh anak. 

Baca juga: 3 Kesalahan Orang Tua saat Menangani Anak Demam

"Bawang itu efeknya panas, kan. Sama seperti kompres, kompres itu kan panas juga. Jadi kalau sesuatu yang panas dari luar ditempelkan ke tubuh, trus panas, nah pusat panas di tubuh kita mengatakan 'oh di luar itu sudah panas, mari kita mendinginkan suhu'. Jadi pusat tubuh akan menurunkan suhunya," kata Prof. Rini di acara Kata Pakar Instagram Live @ayahbunda_  27 Juli 2020. 

"Jadi bawang dicampur minyak itu kan panas. Itu bisa sebagai trigger untuk tubuh supaya menurunkan suhunya. Itu boleh saja tidak masalah, walaupun tidak ada bukti ilmiahnya. 

Tetapi, menurut Prof. Rini, Bunda juga perlu hati-hati saat mengaplikasikan ramuan bawang merah dan minyak ke tubuh anak. Karena, ada kemungkinan anak bisa alergi maupun iritasi. "Jadi harus dilihat, jika anak alergi, jangan terlalu semangat mengoleskan bawang dan minyak. Anak juga bisa iritasi jika tidak tahan. Jadi jangan banyak-banyak," kata Prof. Rini.

Anda dapat menyaksikan tayangan video selengkapnya tentang 'Cerdas Menangani Anak Demam' di kanal IGTV @ayahbunda_ atau klik link ini.  

Baca juga: Trik Kompres Anak saat Demam

ALI


 

 



Artikel Rekomendasi