Cara Membedakan Bayi Sakit atau Tumbuh Gigi

 

Foto: Envato

Menyikapi bayi demam tak harus panik. Periksa suhunya, cek gusinya. Tumbuh gigi juga menimbulkan demam ringan.  

Kapan bayi tumbuh gigi? Setiap bayi berbeda. Ada yang sudah tumbuh gigi sejak lahir, ada yang mulai umur 4 bulan, ada yang masih ompong  sampai umur 8 bulan. Tapi pada umumnya bayi tumbuh gigi di umur 6 bulan sampai 12 bulan. Apakah tumbuh gigi membuat bayi rewel dan demam, itu pun berbeda pada setiap bayi. Ada yang tidak diikuti demam, ada yang jadi hobi menggigit. 

 

Tanda-tanda bayi tumbuh gigi

- Gusi bengkak dan merah

- Demam ringan 38 derajat Celsius

- -gosok telinga

- Melakukan gerakan seperti mengunyah, mengadu gusi atas dan bawah

- Ruam wajah

- Lebih rewel

- Tidur tidak nyenyak

Umumnya, gigi pertama muncul saat bayi berusia 6-8 bulan. Gigi depan bawah muncul lebih dulu, diikuti gigi depan atas. Sedangkan geraham pertama tumbuh pada usia 1 tahun. Pada usia 3 tahun, barulah giginya lengkap seluruhnya. Saat tumbuh gigi, bayi kerap rewel. Meskipun begitu, bayi yang rewel bisa jadi karena ia sakit, misalnya terserang suatu virus. Ini cara untuk membedakannya.

Gejala umum bayi sedang tumbuh gigi adalah gemar memasukkan dan menggigiti benda yang ia pegang. Gejala lainnya adalah mengeluarkan air liur lebih banyak dibandingkan biasanya, lebih rewel akibat gusinya terasa nyeri dan bengkak, susah tidur, dan tidak nafsu makan. Selain itu, ada juga gejala seperti mengalami demam dan diare, tapi tidak berlangsung lama. Anda bisa memberikan bayi teether atau menggendongnya untuk menenangkan dan mengurangi rewelnya.

Namun, jika gejala-gejala tersebut berlangsung lebih lama, menurut Carl Cummings, dokter anak di Montreal, Kanada, ada kemungkinan bayi sakit dan bukan gejala tumbuh gigi. Semakin lama gejala-gejala tersebut bertahan, semakin kecil kemungkinan itu adalah tumbuh gigi. “Kalau bayi rewel selama 4-5 hari dan bukan hanya 1-2 hari, atau diare berlanjut selama lebih dari 1 hari, atau bayi mengalami demam lebih dari 38,5o C, Anda sebaiknya membawa si kecil ke dokter. Dokter nanti yang akan memastikan apakah bayi sakit atau memang hanya tumbuh gigi,” ujarnya.

(SAN)

Baca Juga:
- Pertumbuhan Gigi Bayi yang Sempurna
- 5 Masalah Saat Bayi Tumbuh Gigi
- Perkembangan Gigi Bayi Per Bulan

 



Artikel Rekomendasi

post4

Natal Teeth, Bayi Baru Lahir Tumbuh Gigi

Kalau bunda pernah mengalami hal ini pastilah kaget. Kok bisa, tumbuh gigi sebelum berumur 6 bulan? Jarang terjadi, tapi orang tua tidak perlu khawatir kalau mendapati bayi tumbuh gigi di usia sangat ... read more