Cara Menyenangkan Stimulasi Anak Sambil Makan

 

Foto ilustrasi (Freepik)


Ada tiga aspek penting dalam pengasuhan yang menjadi modal tumbuh kembang anak, yaitu Asah, Asih, dan Asuh. Asah, Asih, dan Asuh dapat dikatakan sebagai kebutuhan dasar anak yang harus dipenuhi khususnya di 1000 Hari Pertama Kehidupan agar anak tumbuh dan berkembang secara optimal. 

Secara sederhana, pengertian Asah adalah mengasah atau memberikan stimulasi kepada anak untuk mengasah kemampuannya. Sedangkan Asih yaitu memberikan kasih sayang, dan Asuh bermakna mengayomi, melindungi, termasuk memberikan nutrisi yang baik kepada anak. 

Psikolog Anak dan Keluarga, Roslina Verauli di acara Instagram Live Parenting Indonesia bersama SUN Selasa, 22 Desember 2020, menjelaskan bahwa sejak awal kehidupan anak, indera yang pertama kali berkembang adalah indera peraba. Di masa ini, orang tua dapat memberikan stimulasi berupa sun atau ciuman kepada bayi, yang nantinya dapat memberikan dampak untuk perkembangan kognitif anak. 

"Seberapa sering Bunda memberikan sun 'mmmuuuaah' untuk bayinya di rumah? Tahukah Anda, sejak awal anak lahir ke dunia ini, indera yang paling cepat perkembangannya dan yang dibutuhkan stimulasi adalah bahasa sentuhan. Indera yang pertama kali berkembang, cara mereka berkomunikasi, di awal ketika mereka lahir adalah indera taktil atau sentuhan," kata Vera. 

"Itulah sebabnya, memberikan rangsangan sentuhan berupa ciuman pada bayi kita, itu baik sekali untuk perkembangan kognitif anak dan perkembangan kemampuan berbahasa di kemudian hari," lanjutnya.

Menurut Vera, pada saat bayi diberikan sentuhan, otak sosialnya menjadi berkembang. Meski kelihatannya bayi hanya bisa merespons dengan tersenyum atau menyeringai saat dicium atau disentuh, otaknya menerima itu sebagai bentuk rangsangan khususnya di ranah social brain. 

Mengasah kecerdasan bayi juga dapat dilakukan pada saat makan. Kata Vera, ini bisa menjadi stimulasi yang menyenangkan. Vera lantas memberikan contoh sembari menggendong boneka. 

"Stimulasi pada saat makan, misalnya ya ini sedang memberi makan bayi. Sayang, kita makan apa hari ini," Vera menirukan suara ibu yang siap menyuapkan makanan kepada bayi.

"Coba pegang sendoknya dulu, kasih dulu sendoknya ke bayi. Nah, dia pegang. Setelah itu dia lemparkan. Yah, jatuh. Kita ambil lagi. Ini sendoknya warna hijau, ini sendoknya warna biru, misalnya. Coba cium dulu, ini aroma apa, ya. Oh, ini pisang, lho. Seperti ini wanginya pisang," Vera mencontohkan. 

Dijelaskan oleh Vera, contoh stimulasi saat makan tersebut bisa membantu anak berkembang dengan pesat, "Jadi ada aroma, sentuhan, anak lempar, atau kita buka kita pegang, kita kupas ya coba dijilat," Vera mencontohkan. 

Untuk memenuhi aspek Asuh, Anda dapat memberikan makanan dengan nutrisi lengkap. SUN sebagai makanan pendamping ASI dilengkapi dengan formula esenutri yang tinggi zat besi dan gizi lengkap seimbang untuk mendukung tumbuh kembang bayi. 


ALI


 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Bayi Gumoh

Sudah beberapa hari ini bayi Anda selalu gumoh tiap kali selesai menyusu.... read more