Fakta Gigi Bayi yang Perlu Bunda Ketahui

 

Foto ilustrasi (Freepik)



Apakah saat ini Bunda mulai merasa ada yang mengganjal di puting saat sedang menyusui bayi? Semacam ada yang keras di gusinya? Jika ya, mungkin giginya mulai tumbuh. Mari kita bahas fakta-fakta tentang gigi bayi berikut ini, seperti dijelaskan dokter gigi anak Dina DiMaggio, dari NYU Langone Medical Center di situs Parents.com.
 

Sebagian besar bayi mulai tumbuh gigi antara usia 6 dan 12 bulan
Kapan gigi tumbuh untuk pertama kalinya, bisa berbeda-beda pada tiap bayi. Beberapa bayi bahkan ada yang belum memiliki gigi di ulang tahun pertama mereka.

 

Akan tetapi, biasanya sekitar usia 3 bulan, bayi sudah mulai 'bermain-main' dengan mulutnya. Misalnya, ngemut jari. Banyak orang tua kemudian mempertanyakan apakah ini berarti bayi mereka sedang tumbuh gigi?
 

Jawabannya adalah belum tentu, karena gigi pertama biasanya muncul di usia sekitar 6 bulan. Hampir selalu, gigi pertama yang tumbuh adalah gigi depan (seri) bawah. Di usia 3 tahun, sebagian besar anak telah memiliki gigi lengkap.
 

Fluorida mulai diberikan pada anak di usia 6 bulan
Fluorida adalah mineral yang membantu mencegah kerusakan gigi dengan mengeraskan enamel gigi. Makanan yang mengandung fluorida, di antaranya kismis, udang, tiram, kepiting. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter gigi anak untuk mengetahui lebih lanjut tentang suplemen fluorida untuk anak.

 

Anak merasa tidak nyaman saat mulai tumbuh gigi
Biasanya tumbuh gigi menyebabkan ketidaknyamanan pada anak. Anda mungkin akan mendapati gusinya bengkak dan menjadi lebih lunak, serta mulutnya mengeluarkan air liur yang lebih banyak dari biasanya.

 

Anda dapat membantu meringankan rasa sakitnya saat tumbuh gigi, dengan memijat gusinya pelan-pelan, atau menggunakan kain bersih yang dibasahi dengan air es. Jika ia semakin kesakitan, segera bawa ke dokter gigi anak. Dokter mungkin akan memberikan obat pereda nyeri untuknya.
 

Terlepas dari itu, meski ada anak yang sakit saat tumbuh gigi, banyak juga yang tidak memiliki masalah sama sekali.

 

Foto ilustrasi (Freepik)

Sikat gigi anak dengan pasta gigi mengandung fluorida
Setelah giginya tumbuh, Anda harus melatihnya untuk menggosok gigi dua kali sehari dengan pasta gigi fluorida seukuran sebutir jagung. Terutama setelah ia minum atau makan terakhir di hari itu. Hindari meletakkan bayi di tempat tidur dengan botol, karena ini dapat menyebabkan kerusakan gigi.

ALI

 



Artikel Rekomendasi