Indera Janin di Dalam Rahim

 

Meski masih di dalam rahim, janin sudah bisa mendengar, merasa, melihat dan mencium. Apa saja yang dia rasakan?

Indera pendengaran. Telinganya sudah berkembang pada usia kehamilan 24-28 minggu. Anda akan merasakan adanya perbedaan respon pada gerakan janin terhadap suara percakapan biasa, suara musik, dan suara keras yang terdengar secara tiba-tiba. Janin Anda akan melakukan gerakan meloncat karena terkejut. Dari hasil riset Willliam Fifer, Ph.D., psikiater anak dari Colombia University’s College of Physicians and Surgeons, AS, terbukti janin mampu mendengar dan mengingat suara ibunya. Setelah  lahir, dia  dengan mudah mengenali suara ibunya di antara suara-suara ibu lainnya.

Indera perasa. Janin juga menunjukkan respons ketika terjadi penurunan suhu secara mendadak. Misalnya sewaktu Anda minum air es, janin akan melakukan gerakan tertentu sebagai bentuk reaksi terhadap suhu dingin yang tiba-tiba dia rasakan. Begitu juga sebaliknya. Ketika Anda makan sup hangat di saat cuaca mendung dan hujan deras, Anda akan merasakan janinbergerak ketika kuah hangat sup yang Anda makan mulai masuk ke dalam saluran pencernaan.

Indera penglihatan. Mulai usia 28 minggu mata janin mampu mendeteksi adanya perubahan siang dan malam di luar rahim. Bahkan, telah terbukti melalui USG bahwa janin akan menutup kedua matanya bila ada cahaya terang yang terarah ke perut Anda dan tepat mengenai   kedua matanya.

Indera penciuman. Cairan amnion (ketuban) yang mengelilingi janin selama di dalam rahim, memiliki aroma yang dipengaruhi oleh jenis-jenis makanan yang Anda konsumsi, termasuk aroma rempah-rempah. Misalnya, bawang atau jahe. Janin  dapat mencium aroma makanan yang dikonsumsi ibunya. Riset Julie Mennela, Ph.D., pakar fisiologis dari Monell Chemical Senses Center, Philadelphia, AS, membuktikan bayi yang baru lahir saat dilakukan inisiasi menyusui dini, dapat membedakan  payudara ibunya yang dicuci dengan sabun sebelum proses persalinan dan  payudara ibunya yang memiliki bau alami tubuh ibu. Itu sebabnya, Julie menyarankan ibu yang mau melahirkan untuk tidak mandi sebelum proses persalinan agar bayinya berhasil disusui. (me)

Baca juga:
Ajak Janin Menikmati Musik
Janin Bisa Bermimpi
Bermain Bersama Janin

 



Artikel Rekomendasi

post4

Natal Teeth, Bayi Baru Lahir Tumbuh Gigi

Kalau bunda pernah mengalami hal ini pastilah kaget. Kok bisa, tumbuh gigi sebelum berumur 6 bulan? Jarang terjadi, tapi orang tua tidak perlu khawatir kalau mendapati bayi tumbuh gigi di usia sangat ... read more