Ketahui Penyebab dan Gejala Kolik Bayi

 



Ini beberapa faktor yang dapat menyebabkan bayi Anda terkena kolik:
1. Gangguan pada saluran pencernaan: umumnya disebabkan karena komposisi mikroflora dari saluran cernanya belum terbentuk secara sempurna.
2. Alergi protein susu sapi: belum optimalnya enzim pencernaan, sehingga belum optimal dalam mencerna laktosa dan protein susu sapi.
3. Atau faktor psikologis: Karena orangtua kerap meninggalkan bayi menyebabkan  susah berkomunikasi atau kondisi lingkungan sekitar bayi yang tak nyaman.

Ini gejala-gejalanya:
1. Gangguan ini bisa terjadi sejak usia 1 hingga 4 bulan, danpuncaknya terjadi saat bayi berusia 3 bulan.
2. Jika anak menangis lebih kencang dari biasanya, tangisnya muncul sewaktu-waktu, berhentinya pun mendadak danterkadang juga terlihat seperti kejang, kemungkinan besar ia menderita kolik.
3. Kondisi ini umumnya terjadi lebih dari 3 jam sehari dan berlangsung selama 3 hari dalam seminggu (kalkulatif, dihitung berdasar total durasi tangisan per hari, bisa berlangsung pada hari yang berbeda dalam 1 minggu).

(TIM AYAHBUNDA/KAT)

Baca juga:
Seputar Konstipasi Pada Bayi yang Wajib Anda Tahu
Kenali Gejala Dan Cara Mengatasi Alergi Bayi 
Bahaya Asap Rokok untuk Bayi

 



Artikel Rekomendasi

post4

Natal Teeth, Bayi Baru Lahir Tumbuh Gigi

Kalau bunda pernah mengalami hal ini pastilah kaget. Kok bisa, tumbuh gigi sebelum berumur 6 bulan? Jarang terjadi, tapi orang tua tidak perlu khawatir kalau mendapati bayi tumbuh gigi di usia sangat ... read more