Menampik Eksim Atopik

 

Eksim yang menyerang bayi baru lahir ini memang belum ada obatnya. Namun, sekitar 50% bayi yang pernah terkena eksim etopik akan sembuh penyakitnya ketika merekab erusia sekitar 2 tahun. Sisanya, sekitar 85% akan sembuh ketika mereka berusia 5 tahunan.

Eksim atopik atau eksim usus adalah gangguan bawaan yang dialami 10-20% bayi, tanpa tahu penyebab pastinya. Terutama bila ada riwayat alergi, asma dan eksim dalam keluarga, maka kemungkinan besar bayi Anda bisa terkena eksim etopik.

Berbagai bagian. Eksim etopik bisa mengenai bayi baru lahir hingga usia 3 bulanan. Wajah, pipi, dan dagu kadang-kadang dahinya, akan tampak kemerah-merahan dan kering. Tapi bisa juga basah bila luka.  Jika tangan bayi ktor, misalnya terkena air liur atau bekas susu di mulut, kemudian menyentuh lukanya, maka bagian yang terkena eksim itu bisa teriritasi. Rasanya panas dan gatal . Tak heran kalau bayi kemudian menjadi rewel. Pada anak yang lebih besar, eksim bisa mengenai bagian tubuh lain, seperti lipatan siku, lipatan lutut, serta pergelangan tangannya. Bagian tersebut biasanya terasa gatal, sehingga sering digaruk. Kerasnya garukan di kulit dapat menimbulkan luka. Kalau luka ini terifeksi bakteri, akan memperberat kondisi eksimnya.

Kelola pemicunya. Belum ada obat yang tepat untuk mengatasi eksim susu, sehinga cara terbaik mengendalikannya adalah menghindari pemicunya, yaitu:
* Debu atau bulu-bulu.
* Keringat.
  • Mandikan bayi minimal du akali sehari agar kulitnya bersih. Berikan pelembab kulit agar tidak ekring dan gatal.
  • Pakaian baju yang menyerap keringat dan tidak membuat bayi gatal-gatal.
  • Segera keringkan tubuh anak yang berekringat dengan handuk bersih yang dibasahi air, dang anti bajunya dengan yang bersih.
  • Jika naik mobil dalam jangka waktu lama, hindarkan bayi dari sinar atahri sepanjang perjalanan, agar tidak kepanasan.
* Zat-zat yang bersifat iritan (dapat mengiritasi kulit), speerti pemutih baju. Bila terpaksa memakaianya, bilas berulang kali.
* Susu dan ikan. Jika bayi masih minum ASI, maka pemicunya bis adari makanan yang dikonsumsi ibunya. Tapi jangan buru-buru Anda pantang makanan sebelum tahu pasti bahwa makanan tersebut memang pemicu eksim atopik bayi.

Baca juga:
Fakta Eksim Susu Pada Bayi
Hadang Eksim Susu dengan Kebersihan


 



Artikel Rekomendasi

post4

Tak Perlu Sayur dalam MP-ASI

Jangan asal berikan sayur sebagai MPASI si kecil Bunda! Ada kandungan di dalam sayur yang menjadi antinutrien sehingga menghambat penyerapan zat gizi dalam bahan makanan lainnya. ... read more