Mulut Bersih Bebas Infeksi

 

Walau giginya belum tumbuh, daerah mulut harus tetap dibersihkan agar tak mengundang tumbuhnya jamur.

Ya, kebiasaan baik ini akan mencegah tumbuhnya sejenis jamur bernama Candida albicans di daerah bibir, gusi dan lidah. Gejalanya, lidah bayi jadi keputih-putihan. Kalau sudah terjadi infeksi jamur begini, Anda harus membawanya ke dokter untuk diberi obat anti jamur yang diteteskan ke lidah bayi.
   
Mencegah tumbuhnya jamur. Darimana datangnya jamur di mulut bayi? Dari Anda, ibunya. Jamur ini terdapat di selaput lendir, misalnya vagina. Jika Anda memegang tangan bayi dengan tangan Anda yang kurang bersih setelah buang air bersih atau air besar, lalu bayi memasukkan tangannya ke mulutnya, maka hinggaplah jamur Candida di mulutnya.

Penularan juga bisa berasal dari puting susu ibu yang terinfeksi jamur Candida. Karena itu, sebelum menyusui, bersihkan dulu puting susu dengan air hangat, atau dengan air susu Anda sendiri, karena ASI mengandung zat-zat anti bakteri.
 
Selain itu, jagalah jangan sampai bayi memegang mulut Anda, lalu memasukkan tangannya ke mulutnya. Hal ini dapat memindahkan bakteri.

Ini langkah-langkahnya. Membersihkan mulut bayi tidak harus dilakukan setiap kali selesai menyusui, tetapi cukup dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore sebelum tidur. Langkah-langkahnya:
  • Baringkan bayi di tempat yang datar dan empuk.  
  • Balut jari telunjuk Anda dengan kain kasa atau waslap, lalu basahi dengan air matang hangat.
  • Awali dengan membersihkan mulut bayi dari bagian luar, yaitu bibir dan sekitarnya.
  • Buka mulut bayi, lalu masukkan jari telunjuk Anda dan gosok perlahan gusinya dari bagian belakang atas hingga ke depan atas. Lalu, ganti gusi bagian bawah dari belakang ke depan.
  • Bersihkan lidahnya. Mulai dari pangkal lidah (jangan terlalu ke belakang), lalu perlahan-lahan ke bagian depan.

 

Artikel Rekomendasi

post4

Perutnya Kembung

Kembung dan banyak gas di perut, bisa membuat bayi rewel. Dia akan merasa lega bila gas di perutnya bisa keluar.... read more