Payudara Bersih dan Sehat Saat Menyusui

 



Menyusui merupakan kegiatan baru yang menyenangkan sekaligus menantang, terutama bagi ibu baru. Tak hanya pengalaman yang indah saat membangun ikatan dengan bayi, Bunda juga harus 'menelan pill pahit' seperti rasa nyeri, puting yang berdarah hingga pecah-pecah saat menyusui si kecil.

Banyak faktor yang melatarbelakangi rasa tidak nyaman saat menyusui, mulai dari posisi menyusui yang kurang tepat, puting datar, hingga infeksi karena kurang memperhatikan kebersihan payudara. Maka rutin merawat ‘bank susu’ si kecil ini wajib dilakukan agar ASI dapat keluar dengan lancar, terhindar dari rasa nyeri atau pembengkakan dan menjaga kebersihan payudara agar bayi tetap sehat.
 
Agar kegiatan menyusui jadi nyaman dan jauh dari drama nyeri payudara, wajib lakukan ini usai menyusui:
  1. Bersihkan puting dengan lembut tanpa sabun, gunakan salep  khusus (antibakteri) untuk mengatasi puting pecah-pecah. Pastikan Anda telah membersihkan kembali puting Anda sebelum menyusui si kecil.
  2. Puting harus selalu dalam kondisi kering. Mengenakan breast pad bisa menjadi solusi Anda.
  3. Di awal masa menyusui, payudara akan terasa sakit. Tapi setelah Anda tahu kiat latch on, rasa sakit akan berkurang.
  4. Oleskan beberapa tetes ASI pada puting Anda dan diamkan hingga kering. ASI dapat melembapkan dan melindungi puting dari infeksi.
  5. Pastikan tangan Anda selalu bersih sebelum memegang payudara Anda
  6. Kenakan bra yang nyaman.
  7. Segera konsultasi ke dokter jika Anda merasakan sakit yang berlebihan saat menyusui atau menemukan hal yang janggal pada payudara Anda.

Debbyani Nurinda

 



Artikel Rekomendasi