Tanya Dokter: Kenapa Bayi Baru Sering Muntah Setelah Menyusu?

 

Ilustrasi bayi menyusu (Foto: Freepik)
Bayi sering muntah atau gumoh setelah menyusu. Cairan berwarna putih kental sering terlihat keluar dari mulutnya yang kerap dianggap sebagai pertanda dia kenyang susu. 

Masalah bayi tersebut juga dialami oleh Bunda Donita di Bandung yang bertanya ke redaksi majalah Ayahbunda (No. 06 - 2019). "Mengapa bayi saya (2 bulan) sering muntah setelah menyusu? Dia juga sering sesak napas dan perutnya kembung. 

Menurut dokter spesialis anak konsultan dari Ikatan Dokter Anak Indonesia atau IDAI, dr. Rosalina Dewi R, Sp.A(K) gumoh merupakan kondisi yang wajar pada bayi. Gumoh biasanya terjadi hingga bayi berusia 6 bulan. 

"Normal saja bila bayi yang baru lahir mengeluarkan sedikit ASI yang sudah diisapnya (gumoh), yang biasa terjadi hingga bayi berusia 6 bulan. Anda perlu waspada jika ia sering muntah dan berat badannya tidak kunjung bertambah. Sebab, bisa saja ia mengalami refluks gastroesofagus, yakni arah gerakan saluran cerna yang seharusnya dari atas ke bawah, berbalik jadi dari lambung ke atas. Salah satu gejalanya adalah perut kembung dan mengganggu proses pernapasan." 

Alika Rukhan

 



Artikel Rekomendasi

post4

Bayi Gumoh

Sudah beberapa hari ini bayi Anda selalu gumoh tiap kali selesai menyusu.... read more