Kenali 5 Tanda Cinta Bayi untuk Anda

 

Foto: Freepik


Bayi belum bisa berkata-kata untuk mengungkapkan ekspresinya. Namun ia bisa menunjukkan gesture tertentu yang menjadi tanda bahwa ia menyukai seseorang. Karena umumnya ibu adalah orang yang mengasuh bayi sejak bayi lahir, ia mungkin akan memperlihatkan sinyal cinta kepada Anda, ibunya.

Situs Parents.com menyebut, menurut profesor psikologi Debbie Laible dari Universitas Lehigh mengatakan bahwa bayi dapat mengenali dan merasa dekat dengan ibunya dari hari ke hari. Bayi bahkan mengucapkan terima kasih dengan caranya sendiri kepada orang yang merawatnya. 

"Kedekatan ini adalah suatu proses," kata Debbie.

Nah, bagaimana mengenali tanda-tanda bayi mencintai Anda? Begini caranya. 

Bayi Tahu Anda ibunya
"Dalam beberapa minggu, bayi dapat mengenali ibu atau orang yang mengasuhnya, dan mereka lebih menyukainya daripada orang lain," kata Alison Gopnik, Ph.D., penulis The Philosophical Baby dan profesor psikologi di University of California, Berkeley.

Dalam satu penelitian, para peneliti memberikan dua pad (papan halus) yang dibasahi ASI, satu milik ibunya dan satu lagi milik orang lain. Bayi itu kemudian lebih cenderung kepada pad ASI milik ibunya. Peneliti menyimpulkan bayi dapat mengenali aroma payudara ibu. 
 
Foto ilustrasi (Freepik)


Main mata
Di usia satu bulan atau lebih, bayi mulai dapat merespons ekspresi wajah ibu. Anda mungkin akan melihat ia mengerlingkan mata atau menatap Anda. 

Menurut ahli, interaksi tatap muka tersebut adalah bagian dari cara bayi belajar tentang memberi dan menerima yang positif. Bayi mulai menyadari bahwa dengan tatapan mata, ia dapat menunjukkan kepada Anda bahwa ia bahagia berada di dekat Anda. 

Bayi tersenyum, meski hanya sepersekian detik
Banyak orang yang mengatakan bahwa senyum bayi hanyalah gas atau refleks yang tidak disengaja. Namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa senyum bayi bisa jadi memiliki arti: ia secara naluriah sedang membangun ikatan dengan Anda.
 
Foto ilustrasi (Freepik)



Nempel Terus
Dia mungkin tak mau berpisah dengan Anda meski sebentar. Itu tanda Anda adalah pahlawan yang memberinya rasa nyaman. Ia ingin kasih sayang Anda melindunginya dari rasa tidak aman. 

Mencium
Orang tua biasanya suka mencium bayi. Bayi pun tahu itu tanda kasih sayang. Dan sebagai pembelajar yang mudah meniru, ia pun mengekspresikan kasih sayangnya dengan mencium Anda. Pernah melihat bayi membenamkan bibirnya ke bibir ibu saat ibu mendekatkan wajahnya? Itu salah satu contohnya. 

Panik atau menangis saat ditinggal pergi
Sekitar umur setahun, bayi sudah bisa memperlihatkan rasa cemasnya saat ditinggal pergi orang yang ia sayangi. Menurut ahli, Kecemasan berpisah adalah tanda bayi tahu bahwa orang yang dia cintai berbeda dari orang lain. Meski ini terkesan agak merepotkan, tetapi Anda dapat mengondisikan dan memberi pengertian pada anak, seiring waktu. 


ALI

 



Artikel Rekomendasi