Manfaat Nursery Rhymes

 

Nursery rhymes adalah senandung orang tua untuk bayi dan anak sejak dalam buaian. Syairnya tak hanya kata-kata sederhana namun tercakup pula cerita-cerita atau dongeng. Dari nyanyian sederhana ini, ternyata memiliki banyak manfaat untuk ibu dan bayi.

Penting untuk bayi:
  1. Bayi lebih relaks mendengar lagu-lagu dengan birama 3/4 atau 6/8 dalam komposisi nada-nada sederhana.
  2. Bayi dapat belajar bahasa, berhitung, mengenal benda, sekaligus menambah kosa kata melalui lirik lagunya. Anak yang agak lebih besar bisa memahami nilai yang disampaikan lewat lagu.
  3. Bayi lebih mudah mengikuti beat atau tune sebuah lagu.
  4. Anak mengenal emosi dan ekspresi dari cerita yang Anda bacakan. Itu sebabnya Anda perlu memunculkan ekspresi wajah dan intonasi suara yang menarik saat bercerita.
  5. Lewat bernyanyi, anak lebih fun dalam mengikuti kebiasaan-kebiasaan baik yang Anda tanamkan.
Pentingnya bagi ibu:
  1. Ketenangan suasana tercipta saat ibu menyanyikan nursery rhymes.  
  2. Membantu ibu mengetahui perkembangan telinga anak. Bila bayi kurang merespon nyanyian Anda, mungkin ia perlu dibawa ke dokter THT.
  3. Menambah kelekatan ibu dan anak. Secara fisik, jarak Anda dan anak berdekatan sehingga terjadi kontak skin to skin.
  4. Komunikasi dua arah ibu dan bayi terjalin terus menerus. Ibu menjadi peka untuk mengenali apa yang tengah dirasakan bayi.
  5. Melatih kreativitas ibu untuk mencari cara terbaik menanamkan nilai tertentu pada anak.  
Sebelum bernyanyi, pastikan Anda paham dan kenal dengan nursery rhymes yang akan Anda senandungkan. Lagu yang tepat usia dan suasana akan membuat anak merasa nyaman. Dan jangan lupa, usahakan kontak mata. Selamat bersenandung! (me)

Donwload E-book Nursery Rhyme & Pengantar Tidur di sini.

 



Artikel Rekomendasi