Bayi Bingung Puting Menolak ASI

 

Tanya: Bayi saya berusia 3 bulan minum ASI dan sebotol susu formula tiap hari. Seminggu lalu dia tidak mau minum ASI lalu muntah-muntah. Setelah diberi obat oleh dokter, ia mau minum ASI lagi cukup banyak. Dua hari kemudian, bayi saya mogok ASI lagi. Mengapa ia mendadak menolak ASI?

Jawab: Bayi Anda mungkin mengalami bingung putting atau nipple confusion. Sepintas menyusu sepertinya sama seperti mengisap susu formula dari dot botol susu, namun sebenarnya berbeda sama sekali.
  1. Pada menyusu, bayi memasukkan puting dan areola payudara sebanyak mungkin ke dalam mulut untuk ‘memompa’ ASI  dari dalam payudara ibu. Saat mengisap dot, bayi menggunakan bibirnya untuk ‘memegang’ ujung dot botol susu.
  2. Pada menyusu, bayi menaruh lidah di bawah puting dan ‘membentuk rongga vakum’ untuk memompa dan menelan ASI. Pada mengisap dot botol susu, bayi meletakkan lidah di depan dot untuk menghentikan aliran susu saat bayi menelan.
  3. Pada menyusu, ASI tidak keluar saat bayi berhenti mengisap dan memompa. Pada saat mengisap dot botol susu, susu formula tetap mengalir meskipun bayi berhenti mengisap.
Perbedaan ini menimbulkan bingung puting yang menyebabkan bayi mogok minum ASI. Hentikan bingung putting itu dengan menyetop pemberian susu formula. Berikan ASI saja, eksklusif, sampai bayi berumur 6 bulan. Bila perlu, berkonsultasilah dengan konsultan laktasi.

 

Artikel Rekomendasi