Pengaruh AC Bagi Bayi

 

Tanya: Sejak lahir bayi saya (10 bulan) terbiasa dengan pendingin ruangan (AC). Apakah AC memiliki pengaruh buruk pada kesehatan anak?

Jawab: Pendingin ruangan (AC) tidak mempunyai pengaruh buruh terhadap kesehatan secara langsung. Namun, ada beberapa faktor yang menyebabkan AC sering menjadi sumber masalah kesehatan pada anak, terutama anak-anak yang mempunyai alergi. Apalagi jika gejala alerginya muncul pada sistem pernapasan, seperti rinitis alergi atau asma. Gejala alergi anak-anak tersebut seringkali tercetus oleh beberapa faktor, dan yang paling sering adalah udara dingin, debu rumah dan asap rokok.

AC berperan dalam menciptakan pencetus udara dingin dan debu. Jika anak dengan alergi tidur di ruangan ber-AC, sebaiknya AC dikondisikan pada suhu 24°C atau lebih tinggi. Jika memungkinkan, pengatur waktu disetel agar AC mati pada pukul 4 pagi, sehingga pada dini hari ruangan tetap sejuk namun tidak terlalu dingin.

Selain itu, jaga kebersihan AC. Untuk kota besar, filter udara AC biasanya sudah kotor oleh debu dalam waktu 2 minggu. Pembersihan filter ini dapat dilakukan sendiri tanpa bantuan teknisi AC. Dengan dibersihkan, dapat mengurangi paparan debu yang banyak terperangkap dalam filter AC. Setiap 3 bulan AC harus dibersihkan oleh teknisi.

 

Artikel Rekomendasi