Cara Acha Septriasa Ceritakan Lock Down kepada Anak

 

Acha Septriasa dan Brie. Foto: Instagram Acha Septriasa

Lama tak terlihat di layar kaca dan layar lebar Indonesia, artis peran Acha Septriasa kini menikmati hari-harinya sebagai ibu bagi Bridgia Kalina Kharisma (2 tahun 8 bulan). Bersama suami dan Brie, Acha kini menetap di Sydney, Australia. 

Saat berbincang-bincang dengan Ayahbunda melalui Instagram Live pertengahan April 2020 lalu, Acha sempat bercerita tentang situasi lock down di negeri kanguru dan bagaimana ia menjalani masa-masa 'di rumah saja' sebagai istri dan ibu.

Bagi Acha, meski isolasi mandiri di rumah sudah berjalan selama sebulan lebih, rutinitas tetap penting untuk dilakukan. "Inginnya tidak lepas dari rutinitas, karena rutinitas itu kunci yang membuat manusia jadi lebih teratur. Jadi lebih punya tujuan, dari kita bangun pagi sampai mengakhiri hari itu semua dengan tujuan yang jelas," kata Acha. 

"Di sini role saya sebagai ibu dan istri, saya ingin suami saya yang sedang kerja di rumah tetap bisa konsentrasi dan bisa mengerjakan pekerjaannya dengan fokus," ujarnya.

Bicara soal pengasuhan anak, Acha juga mengajak Brie melakukan beragam aktivitas dan bermain di rumah agar Brie tetap happy, seperti mewarnai, melukis, membacakan buku cerita, dan menari. 
 
Foto: Instagram Acha Septriasa


Meski belum genap tiga tahun, Brie juga sudah mulai masuk playgroup seminggu dua kali, tiap Senin dan Selasa di Sydney. Namun, karena ada pandemi Covid-19, playgroup tempat Brie bermain harus ditutup. Menurut Acha, Brie sempat bertanya kenapa ia tidak pergi ke playgroup

"Dia nanya. Dia suka pakai tasnya, terus dia bertanya, 'Mami, mana teacher?', 'Kapan kita sekolah?' dia juga bilang 'Kapan kita balet?'," cerita Acha. 

Dari pertanyaan Brie itu, Acha lantas merasa bahwa itulah tugas seorang ibu untuk menjelaskan kepada anak apa yang sedang terjadi, tentunya dengan bahasa sederhana yang bisa dipahami anak. "Inilah sebenarnya tugas ibu-ibu ini menjelaskan, tapi bukan yang kayak membuat konten masalah baru ke anak. Tapi lebih mengajak diskusi," kata Acha. 

Acha kemudian mencontohkan bagaimana ia menceritakan kepada Brie kenapa mereka harus di rumah saja pada saat ini. "Sekarang kenapa Papa kerja di rumah, karena ada satu hal yang sedang penting banget di dunia ini yang melarang kita untuk bertemu dengan banyak orang," katanya. 

"Kalau misalnya kita ketemu dengan banyak orang, malah kita bisa membuat orang itu sakit. Misalnya Brigia sedang flu, itu enggak boleh ketemu teman dulu. Kalau ketemu teman nanti temannya bisa tertular. Jadi sekolahnya ditutup dulu. Kayak gitu-gitu, sih. Simple things tapi saya memang prefer untuk kasih tahu dia, hal-hal yang mungkin harus dia ketahui tapi di batas yang simpel," cerita Acha. 

Alika Rukhan

 



Artikel Rekomendasi

post4

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Bayi

Agar tetap sehat, kulit bayi dan balita harus tetap dijaga dengan perawatan yang benar. Penggunaan lotion, sabun, makanan, bahan pakaian, juga menjadi perhatian. Baca tip-tipnya.... read more