Sigap Menggendong Bayi

 

Bagi Bunda dan Ayah baru, dalam menggendong bayi biasanya masih takut-takut. Semua hanya perlu pengalaman, kehati-hatian dan kebiasaan. Salah posisi bisa membahayakn leher bayi. Namun jangan takut untuk mencobanya.

Leher bayi baru lahir masih belum kuat, itu sebabnya cara menggendong bayi di awha usia tiga bulan berbeda dengan menggendong bayi yang sudah lebih besar. Berikut tahap demi tahap cara memngendong bayi bagi Anda yang dominan menggunakan tangan kanan. Bagi  Anda yang kidal, lakukan dengan tangan sebaliknya.
  1. Dari telentang  ke pelukan. Bungkukkan tubuh, sisipkan tangan kiri ke bagian belakang leher dan kepala bayi, lalu sisipkan telapak tangan kanan di punggung dan bokongnya.
  2. Membaringkan bayi ke siku. Pindahkan kepalanya ke bagian dalam siku atau bagian dalam lengan kiri Anda dengan cara menggeser tangan kiri Anda. Lakukan dengan hati-hati, sehingga kepalanya tersangga di siku dan seluruh tubuhnya tersangga dengan lengan dan telapak tangan kiri Anda (tangan kanan lebih bebas).
  3. Menyandarkan ke bahu.
  • Untuk memeluk bayi dan menyadarkannya ke bahu Anda, sangga leher dan kepalanya dengan tangan kanan yang elbih bagus (tidak menyangga leher dan kepala). Lalu angkat sedikit lengan kiri Anda untuk memindahkan posisi bayi menyandar ke bahu.
  • Begitu kepalanya sudah tersandar di bahu, sangga berat badannya dengan cara meletakkan telapak tangan kanan di bokongnya.

[((Album:andi.maerzyda@feminagroup.com|24))]

Alat bantu. Jika ingin menggendong bayi dengan alat bantu dan menghadap ke depan, kepal abayi harus tertopang dengan baik, tidak terkulai ke depan atau ke belakang. Pilih alat gendong yang ada dpenyangga kepalanya. Biasanya, kepal abayi harus disandarkan ke tubuh Anda, dan tangan Anda tetap menjaga kepala bayi. Untuk amannya, posisi bayi perlu sering-sering dikontrol.

Baca juga:
Saat Tepat Menggendong Bayi
Menggendong Bayi Prematur
Manfaat Menggendong Bayi

 



Artikel Rekomendasi

post4

Tips Mengatur Pola Tidur Bayi

Pola tidur bayi baru lahir kadang-kadang memang agak aneh. Bayi bisa tidur seharian di siang hari dan bolak-balik bangun di malam hari. Atau, siang malam maunya tidur terus, hanya benar-benar bangun s... read more