Mengenal Croup dan Bronkiolitits

 

fotosearch


Bronkiolitis
Adalah infeksi virus pada bagian pipa kecil saluran napas (bronkiolus) yang menyebabkan masalah pernapasan dan batuk. Hal ini biasanya terjadi pada anak di bawah usia dua tahun dan dapat berkembang di saluran napas bawah tepatnya di paru-paru bayi. Akibatnya membengkak dan meradang yang disertai dengan penyempitaan saluran napas. Hal ini yang menyebabkan si kecil batuk mengi.

Gejala:
  • Bayi akan kesulitan bernapas sehingga napas cepat.
  • Batuk kering disertai dengan demam.
  • Kehilangan selera makan dan menyusui.
 
Pengobatan:
Parasetamol cair dapat membantu menurunkan demam si kecil. Bronkiolitis ringan biasanya akan membaik dalam waktu 7 hari. Meskipun bayi akan kehilangan selera makan dan menyusui tetap berikan asupan makanan dan minuman secara bertahap, sedikit demi sedikit dan lebih sering.

Croup
Merupakan peradangan dan penyempitan di bagian tengah sistem saluran napas yang disebabkan infeksi virus parainfluenza. Virus ini dapat bertahan hidup pada mainan dan permukaan lainnya yang telah terkontaminasi. Biasanya terjadi pada anak usia 6 bulan hingga tiga tahun. Infeksi virus ini mengakibatkan suara batuk yang khas seperti menggerung.
 
Gejala:
  • Kesulitan bernapas.
  • Batuk menggerung.
  • Suara serak.
  • Suara napas berisik.
 
Pengobatan:
Berikan cairan yang cukup untuk bayi,  agar bayi tidak dehidrasi. Berikan parasetamol khusus anak untuk meredakan demam dan nyeri pada daerah tenggorokan. (DES/IRM)

Baca juga:

Atasi Bronkiolitis Pada Bayi
Bronkiolitis Pada Bayi

 



Artikel Rekomendasi

post4

Teether Lucu untuk Anak

Saat giginya mulai tumbuh, bayi akan merasakan gatal pada area gusinya, sehingga ia pun menjadi suka menggigit apa pun barang yang ada di sekitarnya... read more