Apa itu Oligohydramnios?

 

Oligohydramnios adalah suatu kondisi yang terjadi pada kehamilan di mana jumlah cairan ketuban di bawah level normal. Cairan ketuban berfungsi melindungi bayi dan membantu perkembangan otot, anggota tubuh, paru-paru dan sistem pencernaan. Jika cairan ketuban terlalu sedikit, maka bayi kemungkinan akan bersandar pada tali pusat dan memotong suplai darah.

Gejala kondisi ini tidak jelas, perlu adanya pemeriksaan teratur dengan dokter kandungan atau bidan Anda. Mereka akan mengukurnya melalui USG untuk  mendeteksi kemungkinan adanya penurunan cairan ketuban. Sekitar 4-8% wanita hamil didiagnosa mengalami oligohydramnios.

Jika tidak segera terdeteksi dan tertangani, kondisi ini bisa mengakibatkan bayi mengalami gangguan ginjal atau saluran kemih, yang bisa juga diakibatkan karena kebocoran atau tertusuknya kantung ketuban. Hal yang bisa dilakukan adalah tranfusi cairan khusu yang membantu menggantikan cairan ketuban yang hilang atau kurang.

Oligohydramnios dapat dikontrol dengan banyak istirahat, minum cukup, dan konsumsi makanan yang sehat.


 



Artikel Rekomendasi

post4

Plasenta Lepas

Plasenta yang lepas sudah termasuk kondisi yang membahayakan baik bagi ibu hamil maupun janin. Buruan ke dokter agar segera ditangani secepatnya... read more