Kehamilan dengan Risiko TInggi

 

Bila kehamilan Anda tergolong berisiko tinggi, seperti berbakat terkena tekanan darah tinggi, sebaiknya waspada. Jangan segan berkonsultasi dengan dokter. Apalagi jika Anda perlu mengkonsumsi obat tertentu karena dikuatirkan bisa membahayakan janin.

Anjuran dokter seperti istirahat total (bedrest), sebaiknya jangan diabaikan apabila bertujuan untuk mencegah pre-eklampsia atau kelahiran dini. Pada beberapa kasus, mungkin saja ibu hamil tidak merasakan apapun kecuali pendarahan ringan dari vagina. Padahal dokter mengindikasikan kemungkinan janin lahir dini akibat plasenta previa (plasenta/ari-ari melekat di bagian bawah rahim), sehingga menyarankan ibu hamil untuk istirahat total. Walaupun Anda merasa sehat, sebaiknya nasihat dokter dipatuhi jika ingin proses persalinan nantinya bisa berjalan lancar.

Bagi ibu hamil, tak ada yang lebih diinginkan selain kehamilannya berjalan lancar hingga proses persalinan. Namun, ada pula ibu hamil yang pada awal kehamilan berjalan lancar, tetapi timbul masalah menjelang akhir kehamilan. Sehingga membutuhkan penanganan khusus.

Sebaliknya, ada ibu hamil yang mengalami masa sulit di awal kehamilan. Tapi dengan tindakan yang tepat, kehamilannya mampu dipertahankan dan sang bayi pun lahir dengan selamat. Jadi, tetaplah waspada.
 

 



Artikel Rekomendasi