Prosedur Induksi

 





















Satu dari tiga ibu butuh bantuan induksi untuk memulai persalinan. Seperti apa prosedurnya? Ini tahapannya:
  1. Oksitosin diberikan melalui infus intravena lewat jarum pada lengan atau punggung tangan ibu dan dihubungkan dengan selang ke 2 botol. Botol pertama berisi cairan tanpa obat, yang kedua lagi berisi obat. Dengan cara itu dapat diatur pemberian dosis yang tepat.
  2. Induksi akan dimulai perlahan-lahan, reaksi rahim dan janin dipantau dipantau ketat.
  3. Aliran induksi ditambah secara bertahap hingga terjadi kontraksi efektif.
  4. Bila rahim ibu sangat peka obat sehingga terangsang berlebihan, maka induksi dikurangi atau dihentikan. Jalur infus dipindahkan ke botol cairan infus biasa.
  5. Jika tanggal perkiraan persalinan sudah dekat, kontraksi biasanya terjadi 30 menit setelah induksi dimulai dengan intensitas yang teratur, hingga pembukaan lengkap dan Anda siap mengejan.
  6. Bila setelah 6-8 jam pemberian induksi proses persalin belum juga mulai  atau tidak ada kemajuan, prosedur persalinan normal mungkin dihentikan dan ditempuh cara lain, yaitu operasi caesar.      
Induksi tidak bisa dilakukan jika ada keraguan janin bisa melewati panggul ibu, indikasi plasenta previa, kontraksi palsu, ibu memiliki irisan bedah caesar vertikal dari persalinan sebelumnya, ibu mengandung janin kembar atau posisi janin sungsang. Lakukan proses yang aman utnuk Anda dan janin ya.

 



Artikel Rekomendasi

post4

5 Mitos Kehamilan di Korea

Sebagian besar negara ternyata memiliki kepercayaan tersendiri, berkaitan dengan kehamilan. Boleh percaya, boleh tidak. Berikut 5 mitos kehamilan di negeri ginseng.... read more