Rambut Bunda Selama Hamil

 

Foto: pixabay


Kalau Bunda sedang hamil dan rambut Anda menebal, Anda termasuk yang diuntungkan oleh hormon kehamilan.  Anda yang justru menipis rambutnya, tak perlu risau.
 
Mengapa rambut menebal? 
Rambut  memiliki siklus hidup yang alami. Setiap helai rambut akan tumbuh, dan bertahan di kepala selama 2-3 bulan sebelum akhirnya rontok karena terdorong rambut baru yang tumbuh di lubang folikel yang sama.
 
Nah, saat hamil siklus ini berubah. Banyak perempuan merasa rambutnya menebal pada 15 minggu pertama kehamilan. Hal ini bukan karena tiap helaian rambut bertambah tebal, tapi karena rambut lebih lama bertahan selama siklus berjalan, yang artinya lebih sedikit rambut yang rontok dibandingkan saat tidak hamil. Hal ini terkait dengan meningkatnya jumlah hormon estrogen.
 
Ada yang malah menipis
Beberapa ibu hamil mengalami lebih banyak rambut yang rontok selama kehamilan. Hal ini terkait dengan menurunnya jumlah hormon estrogen yang mungkin saja terjadi akibat berhenti mengonsumsi pil kontrasepsi, pernah mengalami aborsi, keguguran atau kelahiran mati dan adanya ketidakseimbangan hormon selama kehamilan.
 
Setelah melahirkan, lumrah juga kalau terjadi kerontokan rambut karena  tingkat estrogen kembali normal. Hal ini menyebabkan rambut tambahan yang tumbuh selama kehamilan dan bertahan lebih lama mengalami kerontokan.
 
Hal itu terjadi hingga 3-4 bulan setelah melahirkan. Kerontokan setelah melahirkan ini tidak perlu dikhawatirkan, karena rambut akan kembali tumbuh seperti siklus hidup sebelumnya setelah bayi menginjak usia 12 bulan.
 
 
Jenis perawatan rambut yang dibolehkan
Mencuci rambut setiap dua hari sangat dianjurkan. Bila kerontokan sangat merisaukan Anda, penggunaan hair tonic dan serum penumbuh rambut aman diaplikasikan di kulit kepala Anda.
 
 
Berhati-hatilah juga saat menggunakan perawatan rambut lainnya yang juga menggunakan senyawa kimia. Meluruskan rambut dengan  bahan kimia yang mengandung formaldehyde sangat tidak disarankan
 
 
Beberapa hal ini bisa Anda lakukan agar rambut Anda tetap sehat selama masa kehamilan dan juga mengurangi kerontokan setelagh melahirkan:
 

- Hindari meluruskan rambut dengan alat yang cara menggunakannya menarik rambut dari bagian akar.

- Konsumsi buah dan sayur yang mengandung flavonoid dan antioksidan untuk melindungi folikel rambut dan memacu pertumbuhan rambut.

- Gunakan sampo dan pelembap rambut yang mengandung biotin dan silica.

- Rambut sangat rapuh dalam kondisi basah, gunakan sisir yang salurnya jarang sehabis mencuci rambut.

- Gunakan pengering rambut dengan   dengan mode dingin.

- Beri vitamin rambut dengan vitamin B kompleks, biotin, vit.C, vit.E dan zinc.
 
Prima Soeratno

 
 

 

Artikel Rekomendasi