Usir Nyeri Pinggang Saat Hamil

 

Mungkin ini sukar untuk ditolak. Tapi, untuk mengurangi pegal dan nyeri di pinggang, sendi melunak saat hamil bisa disiasati, kok!

Perubahan hormonal, terus terjadi sepanjang masa kehamilan. Hal ini kadang-kadang mengganggu kenyamanan ibu hamil. Sebaiknya Anda jangan marah dulu dengan si hormon ini. Sebab, tujuan setiap perubahan kondisi hormon selama hamil adalah demi menjaga kehamilan itu sendiri, hingga menyiapkan kelancaran proses persalinan kelak.

Salah satu yang sering dialami ibu hamil saat memasuki trimester ketiga adalah rasa nyeri yang mudah muncul, terutama di punggung, belakang pinggang, panggul, hingga tungkai kaki.

Meningkatnya hormon. Rupanya, memasuki trimester ketiga kehamilan atau sejak kehamilan memasuki usia 7 bulan, hormon estrogen dan relaksin dalam tubuh meningkat. Salah satu akibatnya, jaringan otot dan sendi-sendi di tubuh jadi melunak/lentur.

Mengapa kedua hormon tersebut meningkat? Tak lain untuk menyiapkan proses melahirkan. Dengan melenturnya organ yang akan dilewati janin, termasuk sendi, maka janin akan melewati jalan lahirnya dengan mulus. 

Masalahnya, kelenturan sendi-sendi ini juga menimbulkan rasa tak nyaman, seperti rasa nyeri tadi. Bagaimana tidak. Membesarnya janin mau tak mau menambah beban di perut juga pinggang dan panggul. Padahal, kondisi otot dan sendi di sekitar pinggang juga melunak, seakan tak kuat menahan beban tubuh. Timbullah rasa pegal, bahkan nyeri.

Hadapi dengan tenang. Hanya menyerah saja? Tentu tidak. Anda perlu tahu cara menghadapinya:
  • Tak perlu marah dengan kondisi tak nyaman yang mungkin muncul. Yakinlah bahwa perubahan hormon selama kehamilan pasti membawa kebaikan bagi Anda dan janin.
  • Selalu perhatikan posisi tubuh. Jaga agar postur tubuh tetap tegak, meski perut terus membusung (jangan menekuk pinggang ke belakang).
  • Hindari gerakan-gerakan menghentak. Lakukan segala sesuatu dengan lembut, entah berdiri, berjalan, bangun dari tidur, bangun dari duduk, membungkuk, dan sebagainya.
  • Gunakan alas kaki yang sesuai dengan kenyamanan Anda. Kalau terganggu dengan alas kaki berhak tinggi, ya gunakan hak rendah saja.
  • Lakukan pemijatan lembut di daerah yang terasa pegal. Atau, gunakan kompres air hangat. 
  • Lakukan olah tubuh, terutama peregangan ringan.

 

Artikel Rekomendasi

post4

Mengganggu Tapi Penting

Mendapati dua strip merah pada tes pack Anda pasti girang. Siap-siap, Anda akan mengalami tanda-tanda kehamilan yang sangat mengganggu. ... read more