8 Ciri Bayi Bahagia, Lihat dari Mata dan Senyumnya

 

Ciri bayi bahagia bisa dilihat dari senyum dan wajahnya. Foto: ilustrasi Freepik

Biasanya kita bisa dengan mudah mengetahui bahwa orang dewasa di dekat kita sedang merasa bahagia. Banyak tersenyum dan wajahnya cerah adalah sebagian tanda yang ia tunjukkan ketika hatinya berbunga-bunga. Namun bagaimana dengan bayi? Adakah tanda-tanda khusus yang menunjukkan bayi sedang bahagia?

Sepertinya tanda bahagia pada bayi dan orang dewasa relatif sama, yaitu murah senyum dan matanya berbinar-binar. Akan tetapi, karena perilaku dan cara berkomunikasi pada bayi belum sempurna sebagaimana orang dewasa, ada beberapa hal yang membedakannya. Lebih lengkapnya berikut ini tanda-tanda bayi bahagia.

Sering tersenyum
Jika Anda melihat bayi sering tersenyum, itu bisa jadi tanda bahwa ia sedang bahagia. Perilaku yang sebaliknya, yaitu rewel dan kerap merengek menandakan ada sesuatu yang membuat hatinya mendung. Menurut guru besar psikologi di Rush Presbyterian-St. Luke’s Medical Center Chicago, Paul C. Holinger, bila bayi lebih sering merengek ketimbang tertawa, kemungkinan ia stres. Paul menyarankan agar orang tua peka terhadap ekspresi muram, murung, dan masam di wajah bayi.

Senang mengoceh
Bayi yang bahagia merespons seru kalau diajak berbicara. Bahkan selagi sendiri pun ia rajin ‘berkicau’. Tahapan bayi saat berbicara adalah mendengar, cooing, bubbling atau mengoceh, berbicara mengeluarkan satu kata, hingga akhirnya berbicara dengan merangkai kalimat yang terdiri dari dua kata di usia 12 bulan.

Baca juga: Tanda-tanda Bayi Sedang Lelah, Menolak Susu hingga Rewel

Ramah
Bayi ramah mudah berinteraksi dengan orang lain. Bila disenyumi membalas, bila diajak bicara merespons, tidak mudah takut, dan cepat beradaptasi dengan lingkungan baru. Ia pun jadi mudah terhubung dan memiliki relasi yang baik dengan orang di sekitarnya.

 


Mata berbinar-binar
Bayi yang bahagia wajahnya berseri-seri dan matanya berbinar-binar. Ini berasal dari suasana hati yang baik dan didukung tubuh dan mata yang sehat.

Tak mudah mengamuk
Meski mengamuk adalah hal normal pada bayi, bayi yang bahagia tak mudah mengamuk. Menurut Harvey Karp, MD., profesor pediatri dari USC School of Medicine dalam bukunya The Happiest Baby on The Block, emosi bayi naik-turun dan kadang-kadang tinggi seperti badai tsunami. Mengamuk umumnya dipicu karena bayi merasa sakit, tidak nyaman, frustrasi, atau kesal. Para ahli perkembangan menyebutkan kecenderungan mengamuk juga dipengaruhi karakter. Ada bayi yang terlahir tidak mudah marah (easy baby), ada juga bayi yang mudah marah.

Baca juga: 4 Hal yang Bunda Perlu Tahu tentang Bayi Baru Lahir

Lahap makan dan menyusu
Bayi yang bahagia, makan dan menyusu dengan lahap.

 


Aktif bergerak
Baby happy biasanya aktif bergerak karena dia percaya diri dan antusias melakukan berbagai aktivitas fisik, eksploratif, dan menantang.

Merespons saat mendengar
Bayi bahagia fokus terhadap lingkungan. Ia merespons bunyi-bunyian dengan sigap. Kepalanya berputar mencari sumber bunyi, menyahut jika namanya dipanggil, dan menegakkan telinga seperti kelinci jika mendengar bunyi-bunyian baru.
 
Sumber: Majalah Ayahbunda 12/2019.
Penulis: Immanuella Rachmani
Alika Rukhan  

 

 



Artikel Rekomendasi