Agar Hamil Bahagia!

 

Kehamilan menjadi dambaan sebagian besar pasangan yang menikah. Ciptakan suasana bahagia selama masa kehamilan!

Kreatif atasi peningkatan berat badan. Belilah baju baru yang sesuai dengan bentuk tubuh Anda saat ini. Pilih model yang sederhana dan nyaman dikenakan, misalnya seperti rok terusan, celana model lurus dengan pinggang karet ataupun sepatu datar dengan model cantik.

Sambut pagi dengan rutinitas baru. Selama hamil, coba rutinitas baru. Misal, meditasi singkat, sambil melakukan afirmasi positif bahwa kehamilan akan lancar serta janin tumbuh dan berkembang optimal. Lanjutkan mendengarkan musik yang menenangkan dan membuat suasana hati gembira. Setelah itu nikmati sarapan di tempat tidur dengan menu yang menyegarkan sekaligus dapat menghalau rasa mual akibat morning sickness.

Berinteraksi dengan janin. Ada banyak cara, mulai dari mengelus-elus perut, mengajaknya bicara, mendengarkan musik atau membacakan buku cerita, hingga saat Anda melakukan USG. Bila janin sudah berusia 27 minggu, Anda dapat mengajaknya bermain senter karena janin sudah dapat membuka matanya dan peka terhadap cahaya. Dan saat janin sudah mulai aktif bergerak, coba tekan atau ketuk bagian perut Anda yang menonjol karena desakan tubuh janin. Biarkan dia membalasnya melalui gerakan-gerakan, seperti “tonjokan” atau tendangan kecil.

Memilih Rumah Sakit Bersalin yang nyaman. Kenyamanan fasilitas di rumah sakit tempat Anda akan bersalin kelak ikut mendukung suasana hati. Cari rumah sakit yang memiliki reputasi baik, fasilitas lengkap, mudah dijangkau baik dari rumah atau dari kantor, mendukung Inisiasi Menyusui Dini (IMD) dan ASI eksklusif, memiliki fasilitas rooming-in, serta mengizinkan calon ayah menemani calon ibu di ruang bersalin.

Lakukan aktivitas menyenangkan. Inilah saat yang tepat untuk melakukan semua hal yang Anda suka, seperti coba resep sehat, baca buku atau menikmati koleksi DVD. Atau undang sahabat atau teman-teman yang sedang hamil berkumpul di rumah untuk saling berbagi pengalaman sambil menikmati teh dan snack. Bagi yang gemar menulis dapat membuat jurnal atau blog  kehamilan.

Jauhi orang-orang berpikiran negative. Pikiran sangat berpengaruh terhadap suasana hati. Orang yang terbiasa berpikir negatif, biasanya hatinya diliputi perasaan tidak tenang, cemas, khawatir, dan bahkan ketakutan. Tentu saja hal ini akan menjauhkan Anda dari rasa happy!

Lakukan liburan baby moon. Saat paling tepat melakukannya adalah saat usia kehamilan masuk trimester ke-2. Pilih lokasi liburan yang tidak terlalu jauh dan waktu tempuhnya tidak lebih dari 6 jam. Gunakan alat transportasi yang nyaman dan selama di lokasi lakukan kegiatan yang menyenangkan dan tidak melelahkan.

Berbelanja keperluan bayi atau mulai mencicil menghias kamar bayi hingga keperluan Anda sendiri. Horeee…segala baju, sepatu hingga makeup bisa Anda beli. Pasti Anda happy!

Ke spa atau salon. Relaksasi untuk memanjakan tubuh melalui serangkaian perawatan akan membuat Anda nyaman. Anda dapat memilih salon atau spa yang menyediakan paket perawatan tubuh ibu hamil dengan teknik pijatan yang aman. Lakukan kunjungan ke spa bila kehamilan tidak bermasalah dan usia kehamilan di atas 5 bulan. (me)



 



Artikel Rekomendasi