Kelainan PUPPP Pada Kehamilan

 

Tanya: Di sekitar perut saya (hamil 8 bulan) ada banyak bintik merah yang terasa panas dan gatal, semakin membesar seperti cacar air dan menyebar ke punggung, tangan, kaki, bahkan leher. Apakah saya menderita PUPPP? Berbahayakah bagi janin?

Jawab: Pruritic Urticarial Papules and Plaque of Peganancy (PUPPP) adalah kelainan yang ditemukan pada 1 dari 180-300 wanita hamil, terjadi akibat pengaruh hormon kehamilan. Umumnya terjadi pada wanita yang hamil pertama kali, muncul pada usia kehamilan 34-35 minggu, mencapai puncaknya pada minggu ke-38 hingga saat bersalin.

PUPPP akan hilang sendiri 2-3 minggu setelah melahirkan, seiring hilangnya hormon kehamilan. Keluhan umum berupa bintil melenting atau bercak merah yang sangat gatal, yang dimulai dari stretch mark di perut, meluas ke perut, tangan, kaki, dada, dan leher, namun umumnya tidak di muka. Karena ibu hamil tampak seperti sakit campak atau alergi, banyak dokter menduga penyebabnya adalah alergi.

Saran saya, periksa ke dokter kulit untuk memastikannya. Biasanya pengobatan yang diberikan berupa losion atau bedak gatal. Namun bila gatal sangat hebat dan mengganggu, dokter akan memberi obat oral tambahan. PUPPP tidak menular ke janin. 

dr. Ali Sungkar, SpOG


 

Artikel Rekomendasi