Mengapa Sungsang Berulang?

 


Afriyanti Amri, Yogyakarta, bertanya:
Janin ketiga saya (30 minggu) dinyatakan sungsang, seperti pada anak pertama dan kedua. Mengapa terjadi sungsang berulang? Dan, haruskah bersalin Caesar kembali?
 

Dr Sofani Munzila, SpOG menjawab:
Sungsang atau malpresentasi janin adalah keadaan di mana bokong janin berada di posisi terendah di dalam panggung. Sungsang dapat disebabkan faktor janin seperti bobot janin rendah, janin ganda, dan janin banyak bergerak yang disebabkan hidraamnion, yaitu volume air ketuban melebihi normal.
 
Sedangkan penyebab faktor ibu, misalnya rahim elastis yang kerap dialami ibu yang sering melahirkan (multipara), panggul ibu sempit, kelamin anatomi rahim seperti bagian bawah rahim lebih besar dari bagian atas, dan ibu mengalami plasenta previa (plasenta menutup jalan lahir).
 
Janin sungsang yang berulang dapat dipicu kelainan panggul dan rahim ibu seperti yang disebutkan di atas. Namun, diagnosa yang tepat beserta penentuan jenis persalinan harus dilakukan berdasarkan pemeriksaan dan hasil pemantauan posisi janin pada minggu terakhir kehamilan. Konsultasikan kembali ke dokter Anda dan jangan lupa menginformasikan riwayat sungsang pada kehamilan sebelumnya. (ES)


 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Posisi Bayi Sungsang

Ini kehamilan pertama dan saya ingin mengetahui tentang posisi sungsang. Adakah olahraga untuk mengurangi, dan cara persalinan yang biasa dilakukan?... read more