Aman Berpuasa Saat Hamil

 


Berpuasa merupakan ibadah wajib bagi umat Islam. Bahkan ibu yang sedang hamil pun kerapkali berharap dapat menuntaskan puasanya. Mengingat ibu hamil sedang 'membesarkan' janin agar kelak lahir menjadi bayi yang sehat, haruskah ibu hamil berpuasa? 

Puasa berarti menahan haus dan lapar setidaknya selama 13 jam. Berpuasa selagi hamil tentu saja boleh, namun yang penting diperhatikan adalah, puasa bagi ibu hamil tidak merugikan diri sendiri dan janin yang dikandungnya. 

Ibu hamil membutuhkan asupan kalori sebesar 2.500 kkal per hari, yang terdiri dari 50% karbohidrat, 30% protein dan 20% lemak baik lemak nabati maupun lemak hewani. Zat penting untuk kesehatan ibu dan janin seperti zat besi dan asam folat, diperoleh melalui suplemen yang diresepkan oleh dokter. Artinya, ibu hamil memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda ketika ia tidak sedang hamil. 

Selain memenuhi kebutuhan gizinya, hal penting yang juga tetap harus terpenuhi selama berpuasa adalah cairan. Ibu yang sedang hamil memerlukan cairan sebanyak 1,8-2 liter air. 

Agar ibu hamil dapat berpuasa dengan aman, berikut ini panduannya:

SAAT SAHUR
- Penuhi kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, dan serat. Vitamin C dapat diperoleh dari buah, sementara suplemen zat besi dan asam folat yang diberikan oleh dokter harus tetap dikonsumsi.

- Minum air atau jus buah tanpa gula agar Anda tidak cepat lapar dan lemas akibat insulin shock. Jus buah yang berserat juga dapat menahan lapar. Penuhi kebutuhan cairan hingga 3 gelas saat sahur. 

SAAT BERBUKA
- Mulailah dengan makanan dan minuman yang hangat dan manis untuk memenuhi kebutuhan energi secara perlahan.
Hindari minuman dingin karena dapat menurunkan kerja lambung. Kerja lambung harus ditingkatkan supaya menghasilkan energi secara tepat. Disarankan untuk menyantap makanan yang mengandung karbohidrat yang mudah diserap tubuh, seperti kolak, kurma, atau teh manis.  

- Setelah salat magrib, makan dengan porsi agak besar dan lengkap: Karbohidrat, protein, lemak, dan serat. Makan dengan perlahan, tidak dalam jumlah banyak sekaligus. Makan dalam jumlah banyak sekaligus dapat membuat tubuh Anda lemas. 

- Setelah salat tarawih, usahakan untuk makan lagi meski tidak terlalu banyak.

- Cukupi kebutuhan air sebanyak 5-7 gelas sejak berbuka hingga menjelang tidur. Tetap mengonsumsi suplemen yang diresepkan oleh dokter. (IR)

 
 

 

Artikel Rekomendasi