Kendalikan Stres Bekerja Saat Hamil

 

Menurut Prof.Dr.Vivette Glover, dokter spesialis kandungan dari Imperial College London, Inggris, Kondisi Stress bekerja saat hamil akan meningkatkan kadar hormon kortisol dalam tubuh ibu hamil. Hormone ini dapat masuk ke dalam plasenta. Akibatnya, proses tumbuh-kembang janin jadi terhambat! Salah satu fungsi hormon kortisol adalah memperlambat laju proses pertumbuhan sel.

Stres sifatnya sangat subyektif. Artinya berbeda-beda pada setiap orang, karena memiliki kemampuan mengelola stress yang tidak sama. Yang penting, dengarkan tubuh Anda sendiri. Anda tek perlu memaksakan diri bekerja seperti saat tidak hamil. Bila tubuh Anda minta istirahat, penuhi permintaan tersebut, walau hanya untuk beberapa menit saja. Untuk mengendalikan stress, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini:

  • Jangan memaksakan diri Anda menggeluti bidang pekerjaan laki-laki, seperti arsitek atau tenaga ahli di perusahaan kilang minyak, sebaiknya melakukan negoisasi dengan atasan tentang pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Anda. Bila mungkin, untuk sementara minta dispensasi tidak ke lokasi proyek. Jika hal ini tidak memungkinkan, pastikan ke dokter bahwa kondisi aman di lokasi tersebut.
  • Komunikasi efektif. Katakan pada atasan, rekan-rekan kerja, dan seluruh staf Anda, tentang kondisi kehamilan Anda, serta hal-hal khusus yang Anda butuhkan selama hamil. Ini akan menciptakan kondisi lingkungan kerja yang mendukung.
  • Alihkan ambisi. Bila selama ini yang menjadi fokus Anda dalam bekerja adalah prestasi kerja yang cemerlang, kini belajarlah untuk menurunkan ambisi tersebut. Alihkan fokus Anda pada pencapaian prestasi sebagai ibu yang baik. Ini juga sebuah prestasi yang membanggakan lho.
  • The power of now! Stress muncul karena pikiran Anda sibuk membayangkan hal-hal salah di masa mendatang yang belum tentu terjadi. Alihkan pikiran dan perhatian Anda pada kekinian, yang sedang Anda lakukan. Hal-hal salah di masa depan yang menjadi ketakutan Anda, bisa dicegah dengan memperbaiki dan menyiapkannya pada saat ini.
  • Selalu berpikir positif. Biasakan berpikir positif, sehingga yang datang kepada Anda adalah hal-hal baik dan positif pula.

 

Artikel Rekomendasi