Mengurangi Mual Kehamilan

 

Kalau boleh memilih, tentu semua calon ibu memilih hamil tanpa mual dan muntah. Sayangnya, mual atau tidak mual bukan kondisi yang bisa diciptakan dengan mudah, karena berhubungan dengan fisiologi tubuh calon ibu. Setiap tubuh wanita berbeda, itu pula yang membuat setiap kehamilan jadi berbeda. Mirip kondisi wanita selagi menstruasi - ada yang disertai sakit perut, ada yang tidak -  demikian pula kehamilan, ada yang disertai mual, ada yang tidak.

Kehamilan dengan atau tanpa mual, sama normalnya. Tidak mual selama hamil bukan indikasi bahaya bagi kehamilan atau janin. Kehamilan tanpa mual pun dapat berjalan aman dan tanpa komplikasi, sama seperti kehamilan dengan mual.

Yang bisa diupayakan calon ibu, menurut para ahli, adalah mengurangi mual, namun bukan menghilangkan sama sekali. Caranya:
  • Makan sedikit-sedikit tapi sering dan tepat waktu. Lima kali makan lebih baik daripada tiga kali, karena jika perut sempat kosong, akan memicu mual.
  • Makan saat baru bangun tidur, karena saat tidur biasanya kadar gula di dalam darah turun. Letakkan makanan ringan seperti biskut kering (rendah lemak) di sisi tempat tidur. Saat bangun, makan beberapa biskuit dan duduk di pinggir ranjang 20 – 30 menit sebelum berdiri.
  • Pilih makanan tinggi protein dan karbohidrat.
  • Hindari makanan berlemak, asam dan banyak bumbu.
  • Banyak minum. Tapi hindari terlalu banyak minum saat makan. Minumlah di antara jam makan. Jumlah ideal, 10-12 gelas sehari.
  • Yoghurt mengandung vitamin B yang membantu mengurangi rasa mual.
  • Hiruplah wangi lemon! Anda dapat juga menambahkan potongan lemon dalam air minum ataupun teh Anda.
  • Jahe juga ampuh melawan mual, sudah dikenal oleh nenek moyang kita sebagai obat tradisional saat hamil.
  • Konsumsi suplemen vitamin B, konsultasikan dulu ke dokter kandungan.
  • Makan snack anti-mual seperti pisang atau buah-buahan kering (misalnya anggur kering atau sultana).
  • Anggur dan melon membantu tubuh mendapat cairan tanpa rasa nek.
  • Jangan minum kopi, cola ataupun minuman berkafein lainnya.
  • Sediakan waktu bersantai. Bertukar cerita dan pengalaman bersama para calon ibu lainnya pun dapat membantu Anda terlepas dari stres yang bisa memperparah mual.
  • Banyak hirup udara segar dan bergerak.
  • Mendengarkan CD Anti Mual. Cara kerjanya, lagu-lagu di dalam CD ini memiliki irama dan frekuensi tetentu yang bisa "memutus" jalur pengiriman rangsang mual dari otak ke sistem pencernaan. Berlabel Morning Well, CD itu sudah dipasarkan di  AS, Inggris, Prancis, Australia dan Singapura. (me)

Baca juga: Ibu Mual, Janin Sehat


 
    



 



Artikel Rekomendasi

post4

Tips Mengatasi Rasa Enggan Sarapan

Agar kesehatan ibu hamil dan janin tetap terjaga, jangan lupakan sarapan. Sayangnya ibu hamil kerap enggan sarapan karena mual. Inilah tips mengatasi rasa enggan sarapan ... read more

post4

Pijat Anti-Mual Untuk Ibu Hamil

Seringkali mual pada ibu hamil tidak bisa terelakkan lagi. Namun jangan biarkan rasa tidak nyaman itu menghambat aktivitas Anda. Ada kok cara mengatasi mual saat Anda berada di perjalanan.... read more

post4

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

Cegah sebelum sakit! Jangan tunggu sakit dulu untuk menjaga kesehatan. Terutama selama kehamilan, penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Istirahat, tetap berolah raga, dan asupan nutrisi yang s... read more