Sukses Perah ASI di Kantor

 

Pikiran tenang dan rileks, adalah kunci sukses memerah ASI di tempat kerja. Bantu dengan melihat foto bayi Anda saat memerah, sehingga lebih mudah mengaktifkan hormon serotonin dan ASI pun mengalir deras.
  • Tetapkan jadwal rutin dan atur konsistensi waktu memerah, misalnya pukul 09.00-10.00 lalu pukul 12.00-13.00 dan terakhir sesaat sebelum pulang kantor sekitar pukul 16.00-17.00. Menerapkan jadwal rutin adalah salah satu cara agar mendapat reflek pengeluaran ASI (let down reflex) yang optimal.
  • ASI sedapat mungkin tetap diperah seandainya jadwal terlewat, karena pengosongan payudara merupakan salah satu cara menjaga produksi ASI tetap lancar. Sedikit meleset dari jadwal tidak akan terlalu memengaruhi asalkan jangan ditunggu sampai payudara bengkak.
  • Gunakan pompa ASI yang cocok, dan sesuai kenyamanan Anda. Pengeluaran ASI oleh pompa ASI tidak selancar dengan isapan bayi. Sebelum memerah, rangsang puting dengan jari dan tujukan pikiran kepada bayi.
  • Usahakan santai dan tidak memikirkan urusan pekerjaan di saat memerah. Bantu dengan melihat foto bayi Anda saat memerah, yang bisa mengaktifkan hormon serotonin (hormon yang memicu rasa bahagia dan gembira) sehingga akan membantu produksi dan pengeluaran ASI lebih deras. Perasaan tegang, malu, takut gagal, sakit, lelah dan gelisah dapat mengakibatkan gangguan dalam refleks pengeluaran ASI.
  • Simpan ASI di cooler box atau kulkas, rekatkan wadah ASI dengan label tanggal ASI diperah dan nama Anda.
Baca juga:
Menyimpan ASI perah
Menyimpan ASI Perah Ketika Listrik Padam
Kiat Memerah ASI, Secara Manual dan Pompa
Sterilisasi Peralatan Makan dan Minum
Membawa ASI Perah Dalam Pesawat Terbang
Makanan Pelancar ASI



 

Artikel Rekomendasi