Tips Belanja Busana Ibu Hamil

 

Ada beberapa jenis pakaian yang wajib Anda beli selama kehamilan karena perubahan yang signifikan pada kondisi tubuh. Ini dia tips belanja pakaian ibu hamil. Mulai dari memilih atasan, dress, hingga pakaian dalam ibu hamil. Namun, jangan asal berbelanja. Perhatikan kebutuhan serta nilai manfaat yang dapat diambil dari barang-barang tersebut, sebab jika asal-asalan maka kedepannya bisa jadi tak terpakai lagi. Jadi, inilah isi lemari yang wajib Anda perbarui:

1.  Bra.
Banyak ahli menyarankan untuk tidak menggunakan bra kawat karena dikhawatirkan mengganggu saluran penghasil ASI. Lagipula, bra dengan bagian bawah yang lebar lebih nyaman daripada bra kawat. Pilih bra berbahan dasar katun agar kulit tidak iritasi dan dapat menyerap keringat.

2.  Celana dalam
Pilih yang berbahan katun agar menyerap keringat dan menghambat pertumbuhan jamur. Pastikan karet pada pinggang tidak terlalu ketat agar kulit tidak iritasi. Modelnya dapat dipilih sesuai selera dan kenyamanan. Celana dalam model hipster (di bawah pinggang) atau yang berpinggang tinggi hingga menutupi perut bisa menjadi pilihan.

3.  Celana panjang
Pilih celana panjang khusus ibu hamil yang memiliki pinggang karet sehingga tidak membuat sesak. Bahannya yang terbuat dari kaos juga tidak membuat gerah. Untuk variasi celana, potongan low waist di bawah pinggang) juga cocok karena tidak menekan perut. Bila celana sebelum hamil masih cukup, hanya bagian perut saja yang tidak bisa dikancingkan, gunakan pengait kedua ujung kancing celana (belly belt) yang membuat bagian perut longgar.

4.  Baju renang.
Model one-piece boleh dipilih, asalkan bagian perut tidak ketat. Namun bikini merupakan pilihan yang lebih  ideal. Jika tidak ingin mengekspos perut, pilih tankini yang terdiri dari 2 bagian seperti bikini namun atasannya panjang menutup perut.

5.  Dress
Gaun yang menonjolkan lekuk tubuh bukan berarti harus ketat. Pemakaian gaun yang ketat akan memengaruhi janin Anda. Gunakanlah gaun yang berpotongan rendah dan pada bagian perut biarkan agak longgar sehingga membuat penampilan perut terlihat lebih natural. Jika tidak ingin terlalu menonjol, lakukan trik permainan warna pada pilihan gaun. Pemilihan warna hitam, putih dan abu-abu dijamin sukses menyamarkan perut buncit Anda.

6.    Atasan
Hindari membeli baju terlalu longgar atau terlalu ketat karena akan menghambat gerak Anda. Pilih atasan dengan model yang sederhana, berwarna cerah dan sebaiknya tidak bermotif agar mudah dipadu-padankan dengan bawahan berupa celana bahan, rok ataupun jeans.

7.    Sepatu.
Ligamen, jaringan pengikat sendi pada kaki melunak dan meregang di saat hamil, sama halnya dengan bagian tubuh lainnya. Sebaiknya, carilah sepatu yang sesuai. Gunakan sepatu bertumit rendah dan tidak runcing atau tanpa hak sama sekali. Hindari penggunaan sepatu berhak tinggi karena berisiko membuat keseimbangan tubuh Anda memburuk. Memasuki trimester akhir, pakailah sepatu berukuran setengah hingga satu nomor lebih besar dari sebelumnya, terutama bila kaki Anda membengkak.



 



Artikel Rekomendasi

post4

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

Cegah sebelum sakit! Jangan tunggu sakit dulu untuk menjaga kesehatan. Terutama selama kehamilan, penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Istirahat, tetap berolah raga, dan asupan nutrisi yang s... read more