Tips Pilih Bra Nyaman Untuk Ibu Hamil

 

Pixabay
Begitu payudara membesar saat hamil (sehingga bra sudah tidak bisa ‘menampung’-nya lagi!) atau ada tanda-tanda bekas lekukan bra pada kulit Anda, ini waktunya untuk berjalan-jalan ke toko lingerie. Apa saja trik memilih bra untuk ibu hamil?

- Pilih saja bra menyusui. Bra jenis ini memang mempunyai dua fungsi sekaligus, yakni menyangga payudara selama kehamilan dan juga memudahkan Anda saat menyusui bayi (ada bagian yang bisa dibuka, sehingga bayi bisa menyusu!).

Jadi praktis plus Anda pun menghemat pengeluaran! Bisa saja, sih, Anda menggunakan bra biasa yang lebih besar ukurannya. Sayangnya, bra jenis ini tidak mampu menyangga payudara sebagaimana layaknya bra khusus untuk ibu hamil atau menyusui.  

- Carilah:
• Bra dengan tali penyangga yang cukup lebar, agar kulit tidak gampang lecet.

• Bra yang ada semacam band melingkari bawah payudara. Dijamin payudara Anda tersangga dengan aman.

• Bra dengan pengait lebih dari satu dan letaknya di bagian belakang. Biar gampang diatur panjang pendeknya!

• Bra yang tidak memiliki lipatan jahitan di bagian tepi atau ada lapisan dalam yang bisa membuat iritasi puting susu yang sensitif.

• Bra yang terbuat dari bahan menyerap keringat, seperti katun.

Baca juga: Seberapa Besar Ukuran Payudara Akan Membesar Selama Hamil?

Agar posisi bra pas:
• Band size bra. Bisa diketahui dengan cara mengukur lingkaran rongga dada (persis di bawah payudara). Tambahkan 5 pada ukuran ini untuk mendapat band size Anda. Misalnya, jika lingkaran rongga dada adalah 29” (inci), tambahkan 5 dan band size Anda jadi 34”. Kalau hasil penghitungan adalah angka ganjil, seperti 33”, band size Anda bisa 34” atau 32”. Sebagai catatan, 1” = 2,5 cm.

• Cup size bra. Ukurlah lingkar dada Anda. Perbedaan antara pengukuran ini dengan band size Anda menunjukkan cup size Anda. Setiap perbedaan 1” sama dengan 1 cup size. Contohnya, bila band size Anda 34” dan ukuran lingkar dada Anda 35”, maka Anda memakai cup size A. Bila perbedaannya 2”, ini berarti Anda memakai cup B. Begitu seterusnya.

Catatan:
• Belilah beberapa bra saja begitu payudara mulai membesar. Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, mau tidak mau Anda perlu memakai bra yang berukuran lebih besar lagi.

• Bila payudara Anda benar-benar besar, pakailah bra yang tipis saat tidur malam. Dengan begitu, payudara Anda tetap tersangga dengan baik.

• Jangan memakai bra yang berkawat, sebab bra ini bisa menekan payudara dan menyebabkan tersumbatnya saluran susu.

• Jangan lupa, beli breast pads agar acara menyusui bisa berjalan mulus.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

Cegah sebelum sakit! Jangan tunggu sakit dulu untuk menjaga kesehatan. Terutama selama kehamilan, penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Istirahat, tetap berolah raga, dan asupan nutrisi yang s... read more