3 Teknik Akupresur untuk Induksi Alami

 

Caption

Akupresur atau teknik menekan titik-titik tertentu dengan jari ternyata dapat dapat menstimulasi persalinan yang lancar. Praktik kuno yang berasal dari Cina ini berfungsi sebagai induksi alami atau mendorong kontraksi.
 
Dr. Debra Betts, Ph.D., seorang ahli acupressure for pregnancy dari New Zealand menyebutkan beberapa manfaat akupresur sebelum persalinan, yakni :

- Induksi Alami dan Memperkuat Kontraksi: Dengan menekan titik-titik tertentu, akan membantu induksi alami dan melancarkan persalinan. Akupresur membantu memperkuat kontraksi.
 
- Mengoptimalkan Pembukaan : Akupresur membantu leher rahim membuka dan melebar lebih baik sebagai jalan keluar bayi.
 
- Mengurangi Rasa Sakit : Akupresur membantu mengurangi rasa sakit akibat kontraksi menjelang persalinan. Akupresur terbukti dapat melepaskan endorfin, hormon yang berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit alami.
 
- Mengurangi Kecemasan : Dengan lepasnya endorfin karena akupresur, Anda juga bisa lebih rileks, tenang, dan mengurangi kecemasan dalam menghadapi persalinan.
 
Kapan Bisa Diberikan?
Ada tiga situasi di mana akupresur ini bisa diberikan, yakni pertama :saat usia kehamilan Anda sudah melampaui Hari Perkiraan Lahir, artinya akupresur bisa diberikan paling tidak di atas usia kehamilan ke 36 minggu.

Situasi kedua adalah di mana Anda sudah mengalami kontraksi menjelang persalinan dan Anda ingin mengoptimalkan kontraksi dengan lebih efektif. Yang terakhir adalah situasi  apabila cairan ketuban telah pecah sebelum dimulainya persalinan fase aktif. Pastikan salah satu kondisi Anda cocok dengan situasi tersebut.
 
Teknik Akupresur yang Bisa Diberikan
- He Ku
Memfokuskan tekanan di ruas jari tangan untuk memperkuat kontraksi.
Letak : Di antara pangkal tulang ibu jari dan pangkal tulang jari telunjuk.
Cara : Pijat titik tersebut searah jarum jam selama 60-90 menit, dengan diberi jeda satu atau dua jam dengan pijatan berikutnya.
 
- Sanyinjiao
Memfokuskan tekanan pada bagian betis untuk merangsang kontraksi dan mengurangi rasa nyeri saat kontraksi.
Letak : Di betis bagian bawah. Tepatnya di atas pergelangan kaki bagi dalam atau belakang tulang kering.
Cara : Pijat titik ini searah jarum jam selama 60-90 detik, dengan diberi jeda satu atau dua jam dengan pijatan berikutnya.
 
 
Ciliao
Memfokuskan tekanan pada bagian antara punggung bawah dengan bokong untuk merangsang kontraksi.
Letak : Lengkungan antara punggung bagian bawah dan bokong.
Cara : Pijat titik ini dengan arah ke bawah atau menuju bokong. Bisa dilakukan dengan durasi 5 menit sebanyak satu atau dua kali dalam sehari.
 
Lela Latifa

 
 

 



Artikel Rekomendasi