Anda Bekerja, ASI Ekslusif Jalan Terus

 

Jika Anda bekerja di kantor atau yang terpaksa kerap beraktivitas diluar rumah, bagaimana dengan ASi ekslusif bayi? Kesibukan itu sebaiknya tidak merintangi Anda untuk menyusui bayi. Tapi, bagaimana caranya ?

Bagi yang sehari-hari beraktivitas dirumah, tentu bukan masalah untuk menyusui bayi kapanpun juga. Yang jadi soal adalah bagi ibu bekerja atau kerap beraktivitas di luar rumah sehingga terpaksa berpisah dengan si kecil sementara waktu, mungkin tidak bisa melakukan yang sama. Namun bukan berarti tidak mungkin, khan?

Anda tetap bisa memberi ASI kepada bayi jika ada fasilitas yang mendukung laktasi di tempat kerja. Jadi bayi tetap bisa menikmati ASI ekslusif (tanpa memberi makanan dan minuman lain) selama 6 bulan. Tapi jika kondisinya tidak memungkinkan, Anda bisa memerah ASI dan ditampung di wadah tertutup yang bersih dan steril untuk menampung ASI. Seperti botol bertutup rapat atau gelas yang tahan dimasak dalam air mendidih.

ASI yang telah dihangatkan tidak boleh didinginkan lagi untuk diberikan pada bayi di waktu minum berikutnya. Untuk menghangatkan, cukup direndam dalam air biasa kemudian dalam air hangat, sampai suhunya memungkinkan untuk diminum. Yang perlu kita ingat, pemanasan ASI sampai 62 derajat Celcius selama 30 menit, akan merusak 30% komponen kekebalan yang terdapat pada ASI. Itu sebabnya, Anda cukup memanaskan sampai 56 derajat Celcius saja selama 30 menit, agar bagian krim susu yang semula terpisah bercampur kembali dengan bagian susu lainnya.

Baca:
Tips Memerah ASI di Kantor
Agar ASI Mengalir Banyak
Jika ASI Ibu Kurang

 

Artikel Rekomendasi