Cukup Bius Setempat Saat Caesar

 

Bagi ibu hamil yang belum pernah melahirkan, mungkin bertanya-tanya. Apakah jika nantinya diharuskan dokter operasi cesar, apakah perlu bius total atau cukup bius setempat? 

Pada operasi caesar biasanya dilakukan pembiusan setempat (anastesi spinal), bukan pembiusan umum. Penyuntikan untuk pembiusan ini dilakukan di antara ruas tulang belakang (lumbal). Pada saat operasi, pasien tetap sadar sebab hanya bagian perut sampai kaki saja yang tidak merasa sakit.

Kadang-kadang, setelah operasi pasien merasa sakit kepala karena kekurangan cairan. Untuk mengatasi hal ini pasien dianjurkan minum banyak cairan.

Mengenai frekuensi operasi caesar itu sendiri, selama ini belum ada kesepakatan berapa kali yang diperbolehkan. Hal ini tergantung pada keadaan sang ibu itu sendiri. Namun, dokter biasanya menyarankan dua kali saja.

Begitu pula usia untuk melahirkan caesar tidak dibatasi. Hanya saja, untuk kehamilan itu sendiri, mengingat kondisi ibu hamil dan hubungannya dengan kesehatan pertumbuhan janin, biasanya kehamilan dianjurkan terjadi pada usia di bawah 40 tahun.

 



Artikel Rekomendasi