Perlengkapan Menyusui

 

Menyusui jadi lebih menyenangkan dengan perkakas nyaman. Inilah rekomendasi ayahbunda.

Nursing apron
Bila sedang di tempat umum dan tak ada ruangan menyusui, payudara yang sedang menyusui bisa ditutup kain penutup yang populer disebut nursing apron. Mengikuti perkembangan mode, nursing apron kini tak hanya selembar kain polos yang dilengkapi tali di leher, tapi sudah beraneka warna yang bisa dipadu padankan dengan pakaian, tas, bahkan sepatu dan modelnya ada yang menggunakan jendela agar Anda mengintip bayi yang sedang asik menyusu.      

Breast pad
Tak ada lg cerita memalukan karena bra dan pakaian basah karena ASI "banjir" kalau Anda mengenakan breast pad. Benda yang didisain untuk menyerap ASI yang menetes deras kini tak lagi berwarna coklat atau putih. Kini tersedia breast pad dengan motif dan corak seru, ada juga yang bisa dipakai berulang kali. Pilih breast pad nyaman untuk memanjakan payudara Anda.

Botol ASI     
Selesai cuti melahirkan dan harus kembali bekerja, stok ASI perah harus cukup. Botol ASI perah dengan aneka warna jadi hadiah yang memotivasi Anda memerah ASI lebih banyak. Pilih tempat penyimpanan yang terbuat dari gelas atau kaca tertutup rapat, tahan panas, juga mudah dibersihkan . Jangan lupa untuk cek kelekatan tutup botol agar ASI tersimpan baik.

Bantal menyusui
Posisi menyusu yang salah dan tidak nyaman bisa membuat lelah punggung, pinggang atau tangan. Gunakan bantal menyusui! bentuknya yang seperti huruf U membantu Anda memberikan posisi menyusui yang tepat. Tangan Anda dibantu untuk menumpu berat badan bayi. Bayi pun dapat menikmati ASI dengan posisi nyaman.

Bra menyusui
Saat bayi lapar dan 'teriak' minta disusui, bagian depan bra menyusui ini dengan mudah bisa dilepas. Selain praktis, bra menyusui ini tersedia dengan pilihan warna yang chic! Hindari penggunaan bra dengan penyangga kawat karena dapat menghambat produksi ASI.

Massage cream + Breast gel pad
Pijat payudara penting untuk melemaskan payudara, memperlancar ASI dan mencegah payudara membengkak. Untuk menambah kenyamanan pemijatan, gunakan massage cream. Lakukan pemijatan dua kali sehari menjelang mandi. Bila payudara membengkak dan terasa nyeri, kompres dengan breast gel pad. Cara kerjanya mirip kompres dengan handuk hangat.

Teether
Usia 5 bulan, gigi pertama bayi mulai tumbuh. Teether bisa dijadikan pelampias rasa gatal di gusi, puting susu bunda pun tak lagi jadi sasaran gigitannya. Rayakan dengan memberinya teether untuk merangsang pertumbuhan gigi dan mengembangkan saraf motorik halus bayi. Saat membeli teehter, pilih yang lembut sesuai ukuran mulut anak dan berisi gel karena dapat mengurangi rasa gatal atau nyeri pada gusi.

 

     

 

Artikel Rekomendasi

post4

Masa Nifas

Seluruh proses dari kehamilan hingga melahirkan telah usai. Selanjutnya, selama 40 hari ke depan Anda memasuki masa nifas atau pemulihan usai melahirkan. ... read more

post4

Mengenali Darah Nifas

Pasca melahirkan, Bunda akan menjalani 40 hari pemulihan yang disebut masa nifas. Pada masa nifas, tubuh akan melakukan penyesuaian untuk kembali pada kondisi tubuh sebelum hamil.... read more