10 Tantangan Bagi Ibu Baru

 

Fotosearch
Menjadi ibu baru memang tidaklah mudah, harus bisa beradaptasi dengan perubahan pola hidup semenjak kehadiran sang anak. Sebesar apapun kesiapan Ibu menghadapi anak, tantangan selalu siap menghadang. Tak usah khawatir, di sini kami akan mengulasnya, semoga bermanfaat ya Bunda!

Indahnya Menyusui
Sejak pertama kali bayi keluar dari rahim dan melakukan proses Inisiasi Menyusu Dini (IMD), secara otomatis Anda pun mendapat keahlian baru, yaitu keahlian menyusui. Bagi sebagian ibu proses menyusui kerap diikuti masalah  seperti kondisi puting yang kurang menonjol dan membuat anak sulit mengisap, payudara yang bengkak atau produksi ASI yang kurang. Jika ini terjadi, segera konsultasi dengan konsultan laktasi yang ada di rumah sakit. Libatkan suami untuk mendukung proses menyusui.

Welcome to Motherhood
Menurut Kathryn Black, Ph.D., Psikoterapis dan penulis buku Mothering Without a Map, mulailah menjalin pertemanan dengan sesama ibu semenjak Anda menjalani masa kehamilan. Ketika Anda sudah mulai lelah dan bingung bagaimana harus menghadapi si kecil, Anda bisa mencuri waktu untuk berhubungan melalui media sosial dan berbagi cerita dengan teman-teman yang ‘senasib’.

Ritme Baru
Mungkin kehadiran si kecil akan ‘merusak’ jadwal rutin Anda selama ini. Salah satunya karena pola tidurnya yang tidak tetap. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena cepat atau lambat Anda akan menemukan ritme baru. Coba pelajari pola alami ketika anak lelah, lapar dan rewel karena hal ini akan membantu Anda menyusun kembali ritme hidup Anda sehari-hari. “Mulailah menyusun jadwal saat usia anak berusia enam minggu. Ajari ia ritme yang dapat Anda sesuaikan. Misalnya membuat suasana hening saat waktu tidur datang agar kualitas tidurnya lebih baik,’’ tutur Kim West, LCSW-C, Ahli Tidur Bayi dan penulis buku The Sleep Lady’s Good Night, Sleep Tight.

Baca juga: Relaksasi Terbaik Buat Ibu Baru, Ampuh Mengusir Stres
 

 



Artikel Rekomendasi