7 Tantangan Jika Melahirkan Malam Hari

 



 
Fotoseacrh
Apa saja tantangan yang akan Anda hadapi jika melahirkan malam hari?
  • Dokter/bidan sulit dihubungi untuk konsultasi   karena koneksi ke operator atau bagian resepsi rumah sakit (RS) buruk, seperti telepon tak dingkat.  Jadi, miliki nomor telepon, BBM atau Line.
  • Fasilitas kesehatan sulit dijangkau, khususnya jika Anda tinggal di daerah yang belum memiliki banyak RS dan atau transportasi umum 24 jam.  Untuk itu, jauh hari siapkan rumah sakit atau klinik yang buka 24 jam dan transportasinya.
  • Khawatir meninggalkan rumah kosong karena alasan keamanan. Maka, Anda perlu mengkomunikasikan dengan tetangga  atau petugas keamanan  lingkungan  kemungkinan bersalin malam hari.
  • Keluarga besar sulit dihubungi, padahal Anda sedang membutuhkan dukungan keluarga besar dalam pengambilan keputusan soal persalinan. Makanya,  informasikan tanggal kelahiran ke keluarga besar termasuk rencana jika bersalin malam hari.
  • Ibu lelah dan mengantuk, sehingga stamina atau semangatnya mudah turun.  Makanya ibu perlu mengonsumi makanan bergizi seimbang,  melakukan olahraga teratur, dan mencukupi kebutuhan istirahat. Bila ibu tidak bisa tidur akibat nyeri atau gelisah, lakukan teknik mengalihkan perhatian sehingga ibu tidak fokus pada rasa nyeri, dengan cara menonton TV,  mendengarkan musik atau lantunan ayat suci.
  • Banyaknya persalinan  malam hari, yang membuat  dokter Anda mungkin berhalangan hadir sebab menangani pasien  lain. Untuk mengantisipasi komunikasikan dengan dokter, tanyakan siapa dokter pengganti jika ia berhalangan hadir.
  • Terpaksa menunda mengubur ari-ari sebab hari gelap, namun Anda khawatir menimbulkan aroma tak sedap. Untuk mengantisipasi, jauh-jauh hari, tentukan tempat mengubur ari-ari sebelum hari persalinan dan orang yang bertugas mengurusnya.
 Baca juga:
 
Dukungan Pendamping Saat Inti Persalinan.
Ini Pemeriksaan Wajib Setelah Persalinan.
Empat Tahap Penting Dalam Persalinan. Yuk Kenali!
10 Fakta Persalinan
.

 



Artikel Rekomendasi