Lingkungan Sekitar Bantu Bunda Perlancar Produksi ASI

 

Dok. 123RF


Selain faktor kesehatan fisik dukungan penuh dari lingkungan Bunda pasca melahirkan juga merupakan hal yang penting. Dukungan ini bisa mempengaruhi  hormon Oksitosin. Hormon ini bertugas untuk merangsang keluarnya ASI. Dalam istilah lain, hormon oksitosin juga disebut hormon cinta. Karena produksi hormon ini dipengaruhi oleh suasana hati sang ibu, hal ini tentu akan mempengaruhi kerja dari hormon Prolaktin dihasilkan oleh kelenjar pituitari yang berada di dalam otak dan berpengaruh terhadap berbagai fungsi fisiologis tubuh. Prolaktin merangsang kelenjar susu untuk memproduksi ASI, sedangkan rangsangan pengeluaran prolaktin ini adalah pengosongan ASI dari gudang ASI. oleh sebab itu bila Bunda senang karena mendapat dukungan dari lingkungannya maka hormon ini diharapkan dapat bekerjasama menghasilkan ASI yang berkualitas, bila tidak maka akan terjadi sebaliknya.  

Berikut faktor-faktor dalam lingkungan yang dapat mempengaruhi produksi ASI Bunda pasca melahirkan menurut Nia Umar, S.Sos, MPH, IBCLC ketua umum dari Asosiasi Ibu Menysui (AIMI)bersama AIMI:

1. Keluarga
Dukungan dari orang terdekat memang merupakan hal yang penting seperti dukungan dari Suami dalam bentuk Suami ikut belajar kelas merawat bayi saat sebelum si bayi lahir agar sama-sama mengerti bagaimana merawat bayi dan ketika bayi sudah lahir Suamipun dapat membantu Istri merawat si buah hati. Selain itu bisa juga bantuan dari Ibu Mertua yang mengajarkan ataupun membantu Bunda merawat si Bayi.

2. Lingkungan kerja
Bagi Bunda yang bekerja pasca melahirkan dalam kantor yang menyediakan ruangan dan memberi waktu bagi Ibu untuk dapat menyusui ataupun memerah ASI bagi Bayinya.

3. Ruang publik
Mal, Kantor dan tempat umum lainnya juga bisa menjadi faktor pendukung produksi ASI Bunda dengan menyediakan ruangan khusus bagi Ibu untuk menyusui buah hatinya.

4. Peraturan Pemerintah
Peraturan pemerintah yang mengatur dan memberikan ruang khusus untuk setiap Bunda dapat meyusui di tempat umum dan memberikan penyuluhan informasi yang cukup mengenai betapa pentingnya ASI bagi Bunda dan Anak.

Dengan menjalankan faktor-faktor diharapkan setiap Bunda dapat memberikan ASInya dengan lancar dan menyenangkan kepada buah hati tercinta. (DEBO)

Baca juga:
ASI Seret, Mengispirasi Mama ini Membuat Makanan Super
Sukses Menyusui ASI Eksklusif, Ini Tipnya!

 
 
 
 
 
 
 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Abaikan Komentar Buruk

Sembilan bulan menjalani kehamilan dan sekian jam melakukan proses persalinan, selanjutnya yang Anda inginkan sebagai Ibu baru yaitu dapat menyusui bayi dengan lancar.... read more