Emosi Ibu Berubah Paska Melahirkan

 

Sekitar 50-80% ibu mengalami perubahan emosi dalam 2-3 hari setelah melahirkan. Tapi, kalau ada suami yang merasa isterinya lebih galak sehabis melahirkan, mungkin lebih tepat bila perubahan sikap itu dikaitkan dengan gangguan keseimbangan hormonal yang dialami isteri, rasa kurang percaya diri isteri dalam menjalankan peran baru, dan hubungan interpersonal yang rendah antara suami-isteri.

Gangguan hormonal pasca bersalin  diyakini memicu babyblues syndrom yang sering menimpa ibu baru. Gejalanya ditandai dengan munculnya perasaan ambivalen, sedih, ingin menangis, sulit tidur dan mudah tersinggung, khususnya pada ibu yang  melahirkan anak pertama. Merasa kurang pengalaman, ditambah dengan seringnya bayi menangis, membuat ibu kian stres. Akhirnya, pasanganlah yang sering menjadi ‘korban’ ibu.    

Saran bagi para ayah, tetaplah mendukung isteri Anda karena dukungan Anda sangat dibutuhkan. Menyusui adalah aktivitas yang melelahkan,  namun akan menjadi menyenangkan jika ayah mendukung penuh, misalnya dengan  memberi semangat dan pujian pada ibu, membantu mengerjakan pekerjaan rumah tangga, dan ikut mengurus bayi. (ME)

Baca juga:
Ibu Menyusui Lebih Sensitif
Ibu Menyusui Lebih Agresif

 



Artikel Rekomendasi

post4

10 Tantangan Bagi Ibu Baru

Bagi sebagian wanita menjadi ibu baru merupakan anugerah terindah. Namun tidak semua memahami tantangan menjadi ibu baru, kira-kira apa saja sih? Yuk simak artikel ini!... read more